Dirilis

30 Agustus 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Pernahkah Anda mendengar istilah ORI? ORI adalah singkatan dari Obligasi Ritel Indonesia atau Obligasi Negara Ritel yang berupa Surat Berharga Negara (SBN). ORI sangat erat kaitannya dengan dunia investasi. Apalagi belakangan ini pemerintah telah menerbitkan obligasi baru yaitu ORI019 yang dananya digunakan untuk pembiayaan penanggulangan pandemi Covid-19.

Pemerintah mengatakan ORI019 adalah investasi yang aman, terjangkau, mudah serta menguntungkan bagi masyarakat. Surat berharga ini telah dijual pemerintah melalui e-SBN secara online. Namun sebenarnya, bagaimana pengertian ORI secara mendalam? 
 

Pengertian dan Karakteristik ORI





ORI adalah singkatan Obligasi Ritel Indonesia atau ada juga yang menyebutnya dengan Obligasi Negara Indonesia. Sedangkan pengertian dari obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun korporasi dengan jangka waktu tertentu disertai dengan perjanjian mengenai pembayaran bunga dan pengembalian pokok sesuai jatuh tempo.


Artinya ORI adalah surat utang berupa SBN yang diterbitkan oleh pemerintah dan ditawarkan kepada WNI perorangan melalui mitra dan agen yang telah ditunjuk. Nantinya masyarakat yang membeli ORI tersebut akan mendapatkan timbal balik berupa bunga dalam bentuk kupon beserta pengembalian pokok setelah jatuh tempo. 


ORI diterbitkan oleh pemerintah dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan negara dalam berbagai program pemerintahan seperti pendidikan, kesehatan, pembangunan dan sebagainya. Jadi bisa dikatakan bahwa ORI merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah berupa surat utang berjangka atau obligasi yang nantinya akan digunakan untuk menutup kekurangan pembiayaan yang tercantum dalam APBN.


Dibalik fungsinya yang vital untuk perekonomian, ORI memiliki beberapa karakteristiknya tersendiri. Beberapa karakteristik tersebut diantaranya adalah:


▪    Bentuknya tanpa warkat serta bisa diperdagangkan antar investor domestik.
▪    Kupon bersifat tetap atau fixed.
▪    Memiliki potensi capital gain maupun capital loss.
▪    Pembelian minimal adalah Rp.1 juta dan maksimalnya Rp. 3 miliar.

 

Fungsi Obligasi Negara Indonesia (ORI)






Sebagai Surat Berharga Negara atau SBN yang dikeluarkan oleh pemerintah iaitu ORI tentu mempunyai fungsi yang cukup penting. Beberapa fungsi dari ORI adalah sebagai berikut :

1.    Sebagai bentuk investasi yang bunganya di atas deposito dan inflasi namun tingkat resiko nya relatif rendah.
2.    Sebagai bentuk bantuan kepada pemerintah dalam melakukan berbagai program kesejahteraan masyarakat seperti untuk pendidikan,kesehatan, pemerataan pembangunan dan lain-lain.
3.    Membantu pemerintah untuk mendapatkan sumber pendapatan guna menutup kekurangan yang terdapat dalam APBN.
4.    Mengembangkan dana sekaligus membantu program pembangunan nasional yang dilakukan oleh pemerintah.
5.    Sebagai bentuk ajakan pemerintah kepada masyarakat untuk melakukan investasi yang aman, mudah, terjangkau dan rendah risiko.
6.    Membantu memperkuat mata uang rupiah dengan banyaknya masyarakat yang berinvestasi.
7.    Sebagai sumber penghasilan berkala yang didapatkan dari kupon bunga obligasi.
8.    Bentuk investasi yang keamanannya dijamin oleh pemerintah serta bisa diperdagangkan antar investor domestik.
9.    Masyarakat akan mendapatkan tingkat bunga yang relatif menetap sehingga pendapatan bisa diprediksikan setiap bulannya.


Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak heran jika akhirnya banyak yang tertarik menggunakan ORI sebagai instrumen investasi mereka. Kalau Anda ingin melakukan investasi ORI bisa membelinya secara online melalui website e-SBN maupun lewat lembaga keuangan di Indonesia yang telah mendapat persetujuan. 


Itulah pengertian ORI sekaligus fungsinya. Dari informasi ini, bisa disimpulkan bahwa ORI adalah salah satu bentuk investasi yang aman, mudah dan terjangkau sekaligus sebagai upaya membantu pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan nasional.  Anda juga bisa turut berinvestasi ke instrumen ORI ini. Anda juga bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan dari Daya.id seputar investasi ORI. 


Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbabagai sumber

Penilaian :

5.0

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Welis Melia

10 December 2023

Informasi yang sangat bermanfaat

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS