Temukan Peluang di Tempat Kerja

Dirilis

09 April 2018

Penulis

Daya Tumbuh Usaha

Pengusaha

Ujang Suhendi

Jenis Usaha

Produksi Gerabah

Sebelum menjadi seorang pengusaha produksi gerabah sukses di Lampung, Ujang bekerja sebagai pemasaran produk gerabah di sentra industri di Purwakarta, Jawa Barat. Saat itu dia menemukan peluang usaha yang mengantarnya menjadi pengusaha sukses.

Ujang melihat permintaan produk gerabah dari Lampung dan Sumatera secara keseluruhan cukup tinggi dibandingkan dengan dari daerah lain. Ia sadar, dengan relasi dan pengalaman di bidang gerabah yang ia miliki, sangat memungkinan baginya untuk membuat usaha gerabah sendiri. Maka itu, pada tahun 2005, Ujang merantau dari Purwakarta ke Lampung untuk membuka usaha produksi gerabah. Dengan modal Rp2 juta, ia memproduksi gerabah dengan model sederhana. Seiring banyaknya pelanggan yang suka, Ujang semakin kreatif dalam menghasilkan model gerabah yang lebih menarik sesuai permintaan pasar. Ia memperoleh omzet sebesar Rp25 juta per bulan.

Agar omzetnya meningkat, Ujang perlu menambah peralatan dan stok bahan baku untuk menghasilkan gerabah yang lebih banyak. Oleh karena itu Ujang berinisiatif mengajukan pinjaman tambahan modal dari bank pada tahun 2010.

Usaha produksi gerabah menuntut Ujang untuk memiliki kreatifitas tinggi dalam menghasilkan gerabah yang unik, menarik dan berkualitas. Menyadari hal tersebut, Ujang dibantu istri tercinta dan 30 orang karyawan semakin terpacu untuk menciptakan banyak inovasi terhadap model gerabah agar tetap disukai pelanggan dan unggul daripada pesaing yang mulai bermunculan.

Saat ini wilayah pemasaran gerabah buatan Ujang tidak hanya di wilayah Lampung, tetapi juga mulai merambah ke provinsi-provinsi lainnya di Sumatera. Omzetnya juga meningkat 40% menjadi Rp190 juta rupiah per bulan. Kedepannya, Ujang bercita-cita memiliki banyak cabang agar penjualannya semakin meningkat. Sebuah gerai gerabah di Kalianda, Lampung Selatan sudah terwujud. Kami tunggu gerai lainnya ya, Pak.

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Kisah Sukses Lainnya

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS