Profil Ahli

Rofian Akbar

Pakar Waralaba

Rofian Akbar awalnya adalah seorang Sarjana Akuntansi yang kemudian memperdalam bidang perencanaan dan kebijakan publik. Sejak 2008 ia mulai terlibat serta fokus mendalami seluk-beluk dunia waralaba. Sejak 2008, ia dipercaya menjadi juri dalam Indonesia Franchise Award, dan berlanjut selama 5 tahun.

Sejak 2017 menjabat sebagai direktur Majalah Franchise Indonesia.

Dedikasinya pada upaya pertumbuhan industri waralaba di Tanah Air mengantarkan Rofian menjadi narasumber masalah waralaba di berbagai institusi dan juga di radio dan TV sejak 2009. Tidak itu saja, ia sudah dipercaya menjadi narasumber untuk seminar di dalam dan luar negeri.

Silahkan Bertanya

Ahli kami siap menerima pertanyaan seputar usaha Anda dan memberikan solusi yang tepat. Pertanyaan yang diajukan bersifat privasi sehingga hanya Anda dan ahli kami yang mengetahui.

Pertanyaan Anda

Pertanyaan Populer

Setidaknya ada 6 keuntungan ketika Anda membeli usaha franchise/waralaba.

  1. Anda berhak menggunakan merek yang sudah dikenal oleh publik. Menggunakan merek dengan jaringan usaha yang sudah dikenal dan besar akan memudahkan Anda dalam memasarkan produk/jasa. Bahkan, cenderung berpotensi lebih besar dalam memenangkan persaingan atau merebut hati konsumen.
  2. Sistem bisnis yang sudah teruji. Ada istilah membeli franchise juga identik dengan membeli sistem. Dengan membeli franchise, Anda tidak perlu repot membangun sistem, baik sistem manajemen, keuangan, pemasaran, alur pasokan, serta pengelolaan SDM, dan lainnya.
  3. Adanya support berkelanjutan. Franchisor akan membantu Anda dalam memulai hingga menjalankan usaha. Mulai dari survei lokasi, training karyawan, suplai bahan baku, bimbingan operasional, support marketing, dan sebagainya.
  4. Sharing experience franchisor. Franchisor akan mentransfer pengalamannya dalam mengelola gerainya sehingga kendala-kendala yang terjadi di lapangan relatif lebih mudah diatasi.
  5. Promosi bersama. Kekuatan jaringan waralaba yang tersebar di berbagai wilayah memungkinkan biaya promosi menjadi lebih efisien. Biaya promosi ditanggung oleh seluruh jaringan bisnis yang ada.
  6. Suplai produk. Anda akan mendapat suplai produk dari franchisor atau pemilik merek sehingga tidak direpotkan dengan ketersediaan produk. Dan pastinya, produk tersebut relatif sudah dapat diterima pasar.