MENGENAI DAYA

Daya lahir dari panggilan jiwa untuk memberikan arti dalam hidup orang lain.

Daya merupakan realisasi dari komitmen BTPN untuk meningkatkan kapasitas mass market Indonesia secara berkelanjutan dengan memberikan kesempatan untuk tumbuh dan hidup yang lebih berarti.

Tiga pilar utama Daya terdiri dari program dan kegiatan dengan fokus bidang: Daya Sehat Sejahtera (Kesehatan), Daya Tumbuh Usaha (Pengembangan Usaha), dan Daya Tumbuh Komunitas (Komunitas).

Sejalan dengan berkembangnya model bisnis BPTN, maka Daya bertransformasi untuk memudahkan seluruh nasabah dalam mendapatkan peningkatan kapasitas usaha dan kesehatan melalui situs daya.id.

 

DAYA.ID

Daya.id memberikan solusi terkait usaha dan kesehatan yang terpercaya dan dapat diakses kapanpun, di manapun dengan tujuan yang sama yaitu untuk menciptakan perubahan dan memberikan makna yang lebih baik bagi berjuta masyarakat Indonesia.

 

PILAR DAYA

Daya ditopang oleh tiga pilar utama yaitu Daya Sehat Sejahtera, Daya Tumbuh Usaha, dan Daya Tumbuh Komunitas. Dengan tiga pilar tersebut, BTPN senantiasa berusaha untuk merangkul semua kalangan masyarakat.

Sebagai bagian dari model bisnis BTPN yang terintegerasi, Daya diimplementasikan ke dalam semua unit bisnis BTPN:

1. BTPN Purna Bakti yang fokus melayani nasabah pensiunan.

2. BTPN Mitra Usaha Rakyat dan Mitra Bisnis yang fokus untuk melayani pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

3. BTPN Sinaya yang fokus untuk menjadi unit bisnis pendanaan.

4. BTPN Syariah yang fokus untuk melayani nasabah dari komunitas prasejahtera produktif.

5. BTPN Wow! yang fokus untuk melayani masyarakat yang belum terlayani industri perbankan.

Hal ini menunjukan keseriusan BTPN dalam melakukan pemberdayaan UMKM di Indonesia dan mass market pada umumnya melalui program Daya.

Daya Sehat Sejahtera (DSS) merupakan program yang bertujuan mendorong pola hidup sehat bagi seluruh nasabah BTPN. Kegiatan Daya Sehat Sejahtera dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Informasi Kesehatan. Nasabah dan anggota keluarganya menerima kiat-kiat praktis hidup sehat dan topik khusus mengenai kesehatan fisik, emosional dan mental.

2. Konsultasi Kesehatan. Nasabah mendapatkan kesempatan untuk pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis oleh tenaga medis.

Berbagai inovasi kami ciptakan untuk menghadirkan pelayanan yang unggul dan berkualitas untuk nasabah. Salah satunya dengan peningkatan kerjasama dengan mitra yang memiliki kesamaan pandangan mengenai pemberdayaan, khususnya di bidang kesehatan.

Melalui Daya Sehat Sejahtera, BTPN memberi kesempatan kepada nasabah untuk dapat terlibat sebagai tenaga kesehatan dalam Program Kader Kesehatan. Untuk menjadi Kader Kesehatan, nasabah harus melalui tahapan seleksi dan pelatihan keterampilan serta pengetahuan dasar pemeriksaan kesehatan.

Daya Tumbuh Usaha (DTU) hadir untuk memupuk dan memperkuat keinginan masyarakat dalam mengembangkan usahanya. Daya Tumbuh Usaha memberdayakan nasabah BTPN dalam bentuk pelatihan dan pengembangan usaha, serta menciptakan peluang usaha baru.

Terdapat tiga kegiatan utama yang diberikan kepada nasabah melalui program Daya Tumbuh Usaha:

1. Pelatihan Praktis Wirausaha. Meliputi modul-modul pelatihan dan pengembangan usaha, pelatihan di bidang manajemen keuangan, pemasaran, organisasi dan sumber daya manusia, serta pelatihan pengembangan soft skill.

2. Layanan Informasi dan Jaringan Usaha. BTPN menyediakan sarana yang dapat dipergunakan nasabah untuk mendukung aktivitas promosi usaha, antara lain melalui Pasar Daya di daya.id.

3. Peluang Usaha Baru. Peluang bagi nasabah mass market melalui usaha waralaba-mikro (Micro Business Franchise) yang bekerjasama dengan Mitra BTPN.

Komunitas mass market tidak luput dari perhatian kami. BTPN melalui Daya terus berupaya memberikan akses untuk membangun kehidupan yang lebih baik dari segi kesehatan dan usaha bagi mereka. Berbagai kegiatan dirancang sebagai bentuk kontribusi kami dalam memberdayakan anggota keluarga prasejahtera untuk menjalani pola hidup sehat dan berwirausaha.

Kegiatan yang dijalankan melalui Daya Tumbuh Komunitas (DTK) telah disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan potensi masyarakat mass market. Tenaga-tenaga ahli dalam bidang pembinaan komunitas kami siapkan agar kegiatan berjalan secara efektif dan efisien.

Aktivitas pemberdayaan dalam program Daya Tumbuh Komunitas diawali dengan pembentukan komunitas, peningkatan kapasitas produksi, hingga membuka akses pasar yang lebih luas bagi usaha mereka. Dari sisi kesehatan, kami mengajak keluarga prasejahtera untuk menjalani pola hidup bersih dan sehat melalui kegiatan promotif dan preventif yang dilakukan oleh Kader Kesehatan.

SEKILAS DAYA