Dirilis

09 April 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Tumbuh Usaha

Mengendalikan diri dan mencari dukungan moril bisa menjadi kunci keberhasilan Anda menabung.

Menabung merupakan solusi praktsi bagi Anda, para pekerja kantoran, yang bermimpi untuk memulai usaha. Anda bisa mencoba dari menyisihkan sebagian gaji mulai dari sekarang. Untuk membantu Anda, berikut ini beberapa hal yang bisa dipertimbangkan:

1. Gunakan Uang Tunai
Jangan mudah tergiur dengan promo atau diskon yang Anda temui. Jika sedang tidak memiliki uang tunai, sebaiknya jangan memaksa melakukan pembelian, misalnya dengan menggunakan kartu kredit. Ingat, menggunakan kartu kredit sama artinya dengan berutang. Sementara saat ini Anda sedang mengumpulkan uang untuk modal usaha.

 
Kunci utamanya adalah kemampuan mengendalikan diri. Bahkan jika Anda memiliki uang tunai untuk membeli produk yang diinginkan, coba pikirkan ulang: Apakah produk tersebut akan memberikan manfaat yang signifikan atau hanya kesenangan sesaat? Akan jauh lebih baik apabila Anda menabung uang tersebut untuk modal usaha.

2. Atur Pengeluaran per Bulan
Anda membutuhkan alokasi budget yang jelas. Tulis pengeluaran apa saja yang harus Anda bayar per bulannya, mulai dari yang sifatnya rutin, seperti uang makan sehari-hari dan transportasi, hingga yang tidak terlalu mendesak seperti langganan TV kabel atau layanan musik streaming. Lalu, pecah pengeluaran tersebut menjadi mingguan.

Setelah itu, ambil uang di ATM sesuai alokasi pengeluaran mingguan. Cukup seminggu sekali saja, agar Anda tidak menyimpan uang terlalu banyak di dalam dompet. Kenapa? Uang dalam jumlah terlalu banyak bisa membuat Anda merasa masih memiliki cukup uang untuk belanja hal-hal yang diinginkan. Sebaliknya, uang pas akan membuat Anda berpikir ulang saat ingin belanja. Karena Anda tahu, uang tersebut bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lain.

3. Fokus kepada Kebutuhan
Pada bulan berikutnya, coba lihat kembali alokasi budget yang telah Anda buat pada bulan sebelumnya. Bandingkan dengan kondisi keuangan Anda sebenarnya: Apakah meleset dari alokasi budget yang telah ditetapkan? Atau Anda justru berhasil menghemat banyak pengeluaran? Dari sini Anda bisa melakukan penyesuaian dalam menyusun budget untuk bulan selanjutnya.

Lakukan analisis terhadap budget Anda. Apabila ternyata ada pengeluaran yang tidak terlalu penting, Anda bisa segera memotongnya. Misalnya, setiap hari Anda selalu membeli secangkir kopi dalam perjalanan menuju kantor. Nah, untuk menghemat pengeluaran, mengapa Anda tidak membawa kopi sendiri di dalam cangkir mug?

Anda bisa mengalokasikan pengeluaran tersebut ke tabungan modal usaha, yang sejak awal memang menjadi tujuan utama dalam menyisihkan gaji. Selain itu, coba pertimbangkan hal-hal berikut ini, siapa tahu ada pengeluaran yang bisa Anda potong lagi:
• Apakah Anda menggunakan layanan streaming? Apakan memungkinkan jika Anda berhenti langganan dulu untuk sementara?
• Apakah Anda memiliki keanggotaan gym? Jika iya, apakah Anda sering menggunakannya?
• Akankah menggunakan transportasi umum atau layanan taksi online bisa lebih murah dari mengendarai kendaraan pribadi?

Demi fokus kepada tujuan menyisihkan uang gaji untuk modal usaha, Anda bisa download aplikasi budgeting pada smartphone. Dengan begitu, ke mana pun Anda pergi, Anda bisa terus mengecek pengeluaran.

4. Kurangi Utang
Saat memulai usaha, akan lebih baik jika tidak memiliki utang apa pun. Maka itu, hitung jumlah utang yang Anda miliki sekarang, baik itu dari cicilan rumah, mobil, dan lain-lain. Lalu bandingkan total utang tersebut dengan jumlah keuntungan yang didapatkan dari seluruh jenis investasi yang Anda miliki. Apabila perbedaannya cukup signifikan, di mana keuntungan Anda jauh lebih banyak dari utang, sebaiknya segera lunasi utang secepat mungkin. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih fokus menabung untuk keperluan modal usaha.

5. Konsultasi kepada Ahli
Cari dukungan moril dari para ahli. Anda bisa menggunakan jasa konsultasi keuangan di Tanya Ahli Daya.id secara gratis. Selain itu belajar kepada pengusaha yang sudah Anda kenal. Ceritakan tentang keinginan Anda untuk memulai usaha dan bagaimana tentang Anda yang sedang mengumpulkan modal usaha dari gaji bulanan. Minta mereka untuk menceritakan kisahnya dalam mendirikan usaha dulu. Apakah mereka juga mengalami tantangan finansial yang sama? Bagaimana mereka mengatasinya?

Selain para pengusaha, Anda juga bisa meminta saran dari orang-orang yang opininya memang dapat dipercayai, misalnya seperti pasangan, sahabat, atau orang tua. Tidak hanya saran, mereka juga pasti akan memberikan dukungan yang tentunya akan sangat Anda butuhkan dalam masa membangun usaha kini.

Menabung untuk modal usaha mungkin memang akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, Anda harus terus fokus pada tujuan awal. Selamat menabung.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Berikan Komentar

Rully Aptinuk

12 April 2018

5 cara tersebut sdh dilakukan tetapi selalu ada saja yg membuat safety dana ini terkeluar seperti keperluan Rokok untuk suami yg ga bs tertahan terus jika ada undangan mau tidak mau harus keluarkan uang yg sebenarnya itu safety dana jika memang ada kebutuhan yg urgent

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Sutie Rahyono

Praktisi & Pendamping Usaha Kecil