Dirilis

05 Desember 2017

Penulis

Tim Penulis Daya Tumbuh Usaha

Ada beberapa kiat yang harus Anda perhatikan sebelum memulai usaha franchise atau usaha waralaba. Berikut ini di antaranya:

1. Pilih yang Anda Kuasai dan Sukai
Anda harus memilih usaha apa yang Anda kuasai dan sukai, agar usaha tersebut bisa bertahan dalam jangka panjang. Lalu, tuangkan ide kreatif guna menyokong kemajuan usaha, baik dari sisi pengetahuan, target pasar, pemasarannya, dan pengelolaannya. Jangan mudah tergoda oleh ajakan orang lain atau sesuatu yang tidak anda kuasai dan tidak sukai.

2. Amati Prospek Usaha
Modal setiap waralaba berbeda-beda, bisa murah, bisa mahal. Maka dari itu, ketahui seberapa besar pengaruh usaha yang akan Anda geluti nanti, terhadap hidup Anda. Sebelumnya, lakukan pengamatan terhadap waralaba yang ingin Anda pilih, seperti seberapa sukses usaha tersebut selama ini. Anda juga bisa menganalisis apakah waralaba tersebut memiliki potensi yang baik di wilayah yang akan Anda tuju. Hal ini berguna untuk menentukan prospek usaha ke depannya. Tentu Anda tidak ingin rugi bukan?

3. Ketahui Risiko dengan Teliti
Perhatikan beberapa hal seperti, standar operasional yang ketat, ketentuan ROI (Return on Investment) atau perkiraan waktu balik modal, royalty fee atau biaya bulanan karena Anda sudah menggunakan merek serta produk franchisor, dan lainnya. Apakah anda merasa mau dan mampu menghadapi atau mensiasati risiko-risiko yang akan terjadi ?

4. Tentukan Lokasi yang Cocok
Tentukan lokasi sesuai dengan target pasar Anda. Jangan karena memiliki lahan, Anda kemudian mendirikan lokasi waralaba di tempat tersebut, dengan alasan akan menghemat biaya. Barangkali lokasi tersebut tidak cocok dengan profil target pasar Anda. Jadi, lakukan riset mengenai lokasi seperti apa yang cocok. Contohnya, jika Anda ingin membuka usaha kuliner, lokasi yang cocok adalah tempat lalu lalang orang, dekat kampus, daerah pusat perbelanjaan, dan seterusnya. Selain itu, jika dana belum mencukupi, Anda bisa memulai dengan menyewa terlebih dahulu, dan tidak memaksakan untuk membeli sebuah kios.

Selamat mencoba dan sukses untuk Anda!

Sumber:

Tim Riset Daya Tumbuh Usaha

Berikan Komentar

Andrie Darusman

08 Desember 2017

sangat membantu dalam mempersiapkan diri untuk memulai usaha waralaba. terima kasih daya.id 🙏🏻

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rofian Akbar

Pakar Waralaba

Artikel Terkait