Dirilis

11 Oktober 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Pelanggan yang puas adalah aset penting bagi kelangsungan bisnis Anda. Ibaratnya, lebih sulit mencari dan meyakinkan pelanggan baru ketimbang mempertahankan pelanggan lama. Karenanya, performa dalam meningkatkan kepuasan pelanggan harus jadi salah satu prioritas dalam usaha Anda.

Tantangan bagi pelaku bisnis di era teknologi dalam menggaet pelanggan adalah, maraknya persaingan produk dalam media sosial dan pasar online. Produk yang sama, harga yang hampir serupa, membuat para calon pelanggan akan mencari nilai lebih sebelum memilih membeli sebuah produk. Maka dari itu, meningkatkan kepuasan pelanggan adalah instrumen penting dalam bisnis Anda.
Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda perhatikan, untuk menjadi toko yang menghadirkan kepuasan lebih bagi pelanggan:

1. Kualitas Produk
Produk boleh saja sama. Namun kalau berbicara soal kualitas, Anda harus memberikan yang terbaik untuk pembeli. Pastikan untuk selalu memeriksa produk Anda bebas dari cacat sebelum mengirimkan kepada pelanggan. Untuk memudahkan, Anda harus jeli memilih supplier terpercaya atau turun tangan sendiri dalam mengontrol kualitas setiap produk.

2. Harga bersaing
Hindari menaikkan harga terlalu tinggi saat bersaing dalam pasar online. Persaingan Anda luas, pembeli dapat menemukan produk serupa dengan harga yang lebih bersahabat. Walau kualitas belum tentu menjadi jaminan, namun harga menjadi salah satu keputusan terpenting saat membeli sebuah produk. Oleh karena itu ubah mindset Anda dalam menjual, lebih baik untung sedikit namun pembelian banyak, ketimbang untung besar tetapi sedikit pembelian.

3. Pelayanan yang cepat
Saat memilih untuk membeli secara online, pelanggan tentu menginginkan kecepatan dan akurasi. Mulai dari kecepatan memberi tanggapan atas pertanyaan produk, kecepatan pengemasan, hingga pengiriman. Karenanya jangan biarkan pelanggan Anda menunggu lama untuk respon, bisa dipastikan mereka akan segera berpaling mencari toko yang memberi tanggapan lebih cepat.

4. Kemudahan berbelanja
Ketika berbelanja secara online, seorang pembeli dihadapkan dengan pengalaman membeli tanpa 'asisten toko'. Karenanya, diperlukan kemudahan untuk memperoleh informasi produk, mencari pilihan dan proses pembelian produk tersebut. Buatlah desain situs toko yang menarik dan fitur yang memudahkan pembelian tanpa bantuan.

5. Berikan jaminan pengembalian barang
Kepercayaan adalah kunci penting dalam transaksi online. Walau terdengar repot dan mungkin akan menelan biaya yang merugikan Anda, namun jaminan pengembalian barang akan memastikan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang dibeli. Jika kualitas produk Anda adalah yang terbaik, tentu tidak masalah memberikan tersebut. Malah ini bisa menjadi salah satu cara menaikkan kepercayaan dan kepuasan pembeli.

6. Ramah tanggapi keluhan dan feedback
Konsumen yang leluasa mengajukan komentar atau merespon secara terbuka terhadap sebuah produk, akan merasa terlibat dan 'didengarkan'. Ulasan terhadap produk adalah salah satu cara untuk menambah kepercayaan pembeli lain merasa aman dan nyaman bertransaksi di toko Anda. Hal tersebut tentu akan menjadi nilai tambah bagi toko Anda. Respon maupun kritik dari pelanggan adalah masukan yang penting bagi seorang penjual. Dengarkan keluhan mereka dan jadikan hal tersebut sebagai pembelajaran bagi pengembangan toko Anda ke depannya.  

7. Berikan nilai tambah
Jika toko Anda sudah mulai berkembang, mulailah menyisihkan sebagian anggaran untuk memanjakan pelanggan setia lewat promo-promo menarik. Seperti contohnya pemberian diskon, layanan gratis ongkos kirim, bonus sampel produk terbaru hingga cashback. Tawaran ini tentu akan menarik mereka untuk terus menerus bertransaksi di toko Anda.

Pelanggan yang puas, adalah aset bagi toko Anda. Tidak hanya akan selalu kembali kepada Anda, mereka juga dapat dengan senang hati mempromosikan toko Anda kepada kerabat mereka untuk berbelanja di tempat Anda. Karenanya, pertahankan dan tingkatkan terus kepuasan pelanggan Anda dari waktu ke waktu. Jangan cepat puas, karena tren selalu bergerak, begitu pula dengan pelayanan konsumen dalam persaingan e-commerce. Semoga sukses selalu!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Dewi Khotijah

02 Desember 2023

Setuju sekali, terimakasih buat tips dan informasi nya, sangat bermanfaat

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

10 Oktober 2021

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS