Dirilis

10 April 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Tumbuh Usaha

Biaya operasional usaha bisa meningkat seiring dengan semakin mahalnya bahan baku produksi, tenaga kerja, dan lainnya. Tapi biaya operasional bisa ditekan.

Kenapa biaya operasional sebaiknya ditekan? Mudah saja. Agar Anda bisa melakukan pengeluaran sekecil-kecilnya dan mendapat pemasukan setinggi-tingginya. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Tetapkan Prosedur Usaha yang Jelas
Anda sebagai pemilik usaha harus membuat prosedur usaha yang jelas, karena setiap proses produksi bisa mempengaruhi biaya operasional. Dengan demikian, Anda dan karyawan tahu apa yang harus dilakukan, alur kerja bisa lebih lancar, dan waktu yang digunakan juga lebih efisien.

Selain itu, prosedur usaha yang jelas juga akan membantu Anda mengalokasikan sumber daya manusia (SDM) yang ada secara tepat. Pengalokasian SDM secara maksimal bisa membuat kegiatan operasional lebih produktif. Sementara pengalokasian SDM yang kurang baik bisa membuat karyawan tidak betah, sehingga Anda harus terus-menerus mencari karyawan baru. Hal ini akan berdampak pada biaya operasional yang kian membengkak.

2. Gunakan Jasa Outsource
Ada kalanya usaha Anda mendapatkan pesanan produk yang jauh melebihi biasanya, sehingga SDM yang ada kurang bisa menutup kebutuhan tersebut. Mau tidak mau, Anda harus merekrut karyawan baru, bukan? Tapi Anda tak harus mempekerjakan karyawan tetap untuk membantu meningkatkan kegiatan operasional. Coba pertimbangkan untuk memakai jasa outsource. Karena pemakaian jasa outsource relatif lebih murah daripada Anda harus mempekerjakan karyawan tetap.

Saat ini banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyediaan tenaga outsource. Anda sebaiknya mencari agen outsource yang berkualitas baik dan bisa diandalkan. Memang mencari tenaga outsource yang terpercaya bukanlah hal yang mudah. Anda bisa mencari informasi tersebut melalui rekan kerja yang sudah pernah mencoba. Jika berniat menggunakan tenaga outsource dalam waktu yang lama, jangan ragu untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar tidak salah pilih.

3. Manfaatkan Teknologi Digital
Dulunya marketing hanya dilakukan secara tradisional. Misalnya, dengan menyebarkan selebaran dan lainnya. Namun kini Anda sebagai para pemilik usaha juga bisa memanfaatkan media sosial, e-Commerce, dan situs lainnya. Cara ini bisa jauh lebih menghemat biaya dibanding marketing secara tradisional. Anda cukup membuat akun dan konten menarik terkait produk, untuk dipublikasikan kepada orang-orang di dunia maya. Misalnya, Anda bisa memberikan konten visual yang menarik di Instagram, atau berinteraksi dengan calon pelanggan di Facebook.

4. Izinkan Karyawan Bekerja dari Luar
Menyewa gedung, membayar listrik, air, dan segala fasilitas lainnya untuk memenuhi kebutuhan karyawan tentunya akan menambah biaya operasional usaha. Tapi apakah kegiatan operasional harus dilakukan di lokasi usaha? Tergantung kepada usaha yang Anda jalankan. Ada beberapa jenis usaha yang memang tidak memerlukan ruang kerja besar karena aktivitas lebih banyak dilakukan di luar.

Jadi jika memang kegiatan operasional bisa dilakukan dari jarak jauh, kenapa tidak? Dengan demikian karyawan tidak perlu datang ke kantor, cukup bekerja dari tempat mereka masing-masing. Selain hal ini menguntungkan Anda dari sisi biaya operasional, karyawan juga punya lebih banyak waktu bersama keluarga karena tidak perlu melakukan perjalanan dari dan ke kantor. Cara kerja yang fleksibel mungkin bisa membuat mereka lebih nyaman bekerja.

5. Buat Prioritas Kebutuhan Operasional
Cara lain untuk menghemat biaya operasional adalah dengan mengkaji ulang prioritas kebutuhan operasional itu sendiri. Misalnya tentang air minum dan listrik. Anda bisa menghemat biaya listrik dengan mematikan lampu, kipas angin, serta pendingin ruangan yang tidak sedang ditempati. Opsi lain untuk menekan biaya adalah menekan kebutuhan air minum. Anda tidak harus membeli merek mahal kan? Yang biasa saja, asal sehat dan layak minum.

6. Jalankan Kampanye Ramah Lingkungan
Menjalankan kampanye ramah lingkungan bisa membantu Anda menekan biaya operasional usaha. Misalnya mengganti lampu bohlam elektrik dengan lampu fluorescent yang lebih hemat. Pastikan tempat Anda bekerja memiliki ventilasi udara yang cukup sehingga tidak mudah pengap. Ruangan yang pengap membuat Anda harus menyalakan pendingin ruangan lebih lama sehingga hal ini nantinya juga akan berdampak pada pengeluaran.

Menurunkan biaya operasional tidak sulit, kok. Selamat mencoba.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach