Dirilis

30 November 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Sudahkah Anda membuat sebuah situs resmi sebagai representasi usaha? Jika sudah, selamat ya. Kini saatnya Anda melanjutkan ke tahap berikutnya. Mempromosilkan situs Anda.

Jika Anda belum, Anda bisa membuat situs usaha di Google Bisnisku atau di layanan pembuatan situs berbasis blog, yang proses pembuatannya tidak membutuhkan teknis programming.

Tapi, memiliki situs tidak langsung membuat calon pembeli datang beramai-ramai mencari informasi seputar usaha Anda. Tidak menjamin juga usaha Anda ada di daftar teratas yang muncul di mesin pencarian seperti Google, mengingat banyaknya saingan usaha serupa, dan hanya ada 10 spot di halaman pertama yang diperebutkan.  

Ada trik dan strategi yang perlu Anda jalankan, untuk membuat bisnis semakin dikenal di jagad maya. Ada yang memerlukan kemampuan Anda sendiri untuk menarik pengunjung, ada juga yang memerlukan biaya. Beberapa di bawah ini bisa jadi pilihan dan pertimbangan:

1. Rajin mengisi
Memulai sebuah situs baru tentu saja masih banyak halaman kosong yang perlu diisi. Menulis blog adalah cara terbaik untuk menambah isi konten dalam situs. Untuk membuat situs lebih stand out dari berbagai macam situs serupa, maka konten adalah kuncinya. Buat rutinitas mengisi situs dengan konten artikel yang segar dan menarik, agar traffic situs  Anda dapat meningkat, serta mengundang pengunjung untuk mampir ke situs tersebut. Banyaknya pengunjung ke situs, akan memperngaruhi posisi Anda di daftar mesin pencarian. Dengan catatan, apabila kata kunci dituliskan tepat atau sesuai.  

2. Search Engine Optimization (SEO)
Hal ini adalah strategi pemasaran online teranyar atau terbaru yang disebut-sebut paling powerfull atau berdampak untuk menaikkan popularitas situs Anda di daftar teratas mesin pencarian. Caranya adalah dengan menempatkan kata kunci yang tepat dan berkaitan dengan segala hal tentang bisnis Anda. Selain rajin mengisi konten blog, di dalamnya juga perlu menyelipkan kata-kata yang mungkin jadi pertimbangan orang saat mencari topik yang berkaitan dengan usaha Anda. Seperti contoh, kata kunci seperti "Kerajinan furnitur di Jepara", "Furnitur kayu minimalis", "Desain kursi Jati modern", dan lain sebagainya. Memperbanyak kata-kata kunci dalam konten  akan berpotensi membuat situs Anda muncul teratas di daftar mesin pencari, seperti Google.

3. Maksimalkan Konten Viral
Brand Anda mungkin belum banyak dikenal luas, namun rajin mengisi situs dengan konten-konten bermanfaat seperti berbagi informasi terbaru, tips dan trik seputar hal-hal yang berkaitan dengan usaha, atau konten-konten yang memiliki nilai informasi layak untuk disebarluaskan, maka Anda akan dapat dengan mudah menjadi viral. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar berkualitas dalam bidang usaha yang dijalani, berikan informasi yang berguna dan terpercaya, agar orang-orang merasa Anda adalah pebisnis berkualitas yang menghasilkan produk berkualitas pula.

4. Media Sosial
Hampir semua orang saat ini memiliki akun di  media sosial. Sebagian besar di antaranya bahkan aktif bersosial media, dengan maksud dan tujuannya masing-masing. Melakukan promosi menggunakan media sosial adalah sebuah cara yang cukup berdampak, jika dilakukan dengan tepat. Cara pertama adalah dengan menautkan semua media sosial bisnis, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, Google+, Pinterest, hingga akun marketplace toko Anda.

Jika sudah terlebih dahulu membangun media sosial sebelum beralih ke situs, tentu akan lebih mudah menarik pengunjung yang sudah terlebih dahulu mengenal usaha Anda. Namun jika sebaliknya, maka gunakan jalur-jalur promosi berbayar di media sosial seperti Facebook Ads, Instagram Ads, rajin memposting twitter, serta me-retweet ‘posting-posting’ bermanfaat.

5. Influencer
Menggunakan influencer sebagai sarana promosi, terutama untuk bisnis online melalui situs usaha bisa jadi cara potensial, apalagi jika Anda belum memiliki banyak follower atau pengikuti di media sosial. Influencer dapat membantu mempromosikan bisnis Anda ke potensial customer yang menjadi follower-nya. Beberapa Influencer memiliki media sosial yang saling bertautan, sehingga sangat potensi untuk meraih perhatian lebih luas lagi dari berbagai media seperti Instagram, Facebook, dan Youtube secara bersamaan.

Namun, tentu ada harga yang harus dibayar untuk membuat influencer melakukan promosi bagi Anda. Biayanya bisa berupa barter usaha atau jasa, hingga nominal berupa sejumlah uang. Tergantung pada jumlah follower yang mereka miliki hingga berapa banyak posting yang dilakukan.

Apapun pilihan Anda untuk melakukan strategi promosi, pastikan sasaran yang dibidik tepat pada pengunjung yang diharapkan. Terutama jika harus mengeluarkan biaya promosi, maka pastikan Anda sudah punya perhitungan yang baik untuk feedback yang diharapkan. Misalnya, bagi Anda pengusaha furnitur, pilih untuk bekerjasama dengan influencer yang tepat seperti fotografer atau penggiat dekorasi rumah. Dengan cara promosi situs yang tepat, Anda tidak hanya akan meningkatkan pengunjung saja, tapi juga menambah pembeli yang berpotensi. Selamat mencoba!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Farah Hani Itsna Nabila

19 Desember 2023

mantab bang

Balas

. 0

TA Herly Marwanto

12 Juni 2023

ooh gitu

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS