Dirilis

03 Desember 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Dengan membuat toko dalam Facebook Page, Anda bisa menampilkan produk pilihan yang ingin dijual kepada calon konsumen. Seperti sebuah etalase. Dari sana, calon konsumen bisa diantar ke website Anda untuk menyelesaikan proses pembelian.

Dikarenakan toko ini ada di dalam Facebook Page, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat Facebook Page. Seusai membuat dan mengatur Facebook Page untuk usaha, Anda dapat langsung melanjutkan proses pembuatan toko.

Jika Anda menggunakan pengaturan dalam bahasa Inggris di Facebook, maka istilah toko ini adalah shop. Di Facebook Page Anda, posisinya ada di sisi kiri halaman.

Langkah-Langkah Membuat “Shop” di Facebook Page
Cara membuat dan mengelolanya pun tidak terlampau sulit, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Memulai fitur Shop
Pada halaman utama Facebook Page Anda, carilah segmen Shop pada lajur paling kanan.




Buka segmen Shop dan tekan tombol Get started untuk mulai mengaktifkan fitur ini pada Facebook Page Anda.



Jika tidak menemukan segmen ini, ubah dahulu template pada Facebook Page Anda dan gunakan template bertajuk Shopping. Anda dapat menemukan bagian Templates and Tabs pada Settings.



2. Melengkapi data usaha
Anda diminta melengkapi data usaha, yaitu alamat, jenis usaha, nomor telepon, alamat surel, hingga mata uang apa yang digunakan.








3. Mengatur rekening pembayaran
Hasil penjualan yang Anda dapatkan akan disalurkan kepada sebuah rekening bank yang diatur sebelumnya. Lengkapi data rekening bank ini guna kemudahan transaksi mendatang.




4. Menambahkan produk yang akan dijual
Saatnya mengisi etalase toko Anda! Masukkan produk-produk yang ingin Anda jual. Caranya, tekan gambar roda gir di pojok kanan atas layar, kemudian cari opsi Manage shop.




Pilih tanda plus bertuliskan Add product.



Berikan keterangan lengkap, mulai dari nama produk, harga, deskripsi, jumlah persediaan, dan pastikan produk Anda diatur untuk dapat dilihat publik, pada bagian visibility. Keterangan ini sebaiknya ditulis jelas, gunakan bullets atau poin-poin berisi kalimat-kalimat pendek untuk memudahkan pembaca memahami penjelasan Anda. Hindari memasukkan hal-hal berikut pada deskripsi :
  • Tautan HTML
  • Data nomor telepon dan alamat surel
  • Judul yang terlalu panjang
  • Penggunaan huruf kapital semua atau tanpa huruf kapital sama sekali
  • Tautan ke situs luar
  • Tanda baca berlebihan




Unggah foto dan video produk Anda dengan dimensi 1024 x 1024 piksel. Beberapa persyaratan tentang foto produk di antaranya:
  • Setiap produk wajib memiliki setidaknya satu buah foto
  • Foto yang diunggah adalah foto produk sebenarnya, bukan ilustrasi, ikon, atau gambar rekayasa grafis
  • Disarankan untuk mengambil foto produk dalam latar belakang putih atau penggunaan produk dalam kondisi nyata
  • Tidak menambahkan teks, konten ofensif, materi promosi atau iklan, watermark atau keterangan waktu pada foto produk yang Anda unggah

Anda dapat membuat koleksi produk berisi beberapa jenis barang sekaligus. Pelanggan akan jadi lebih mudah dalam mencari produk yang mereka inginkan karena sudah terpisah dalam kelompok-kelompok. Caranya, masuklah ke Publishing tools, kemudian klik Collections.

Sumber:

Diolah dari berbagai suber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS