Dirilis

23 Maret 2018

Target pasar yang jelas, relasi, dan tim yang solid merupakan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar usaha Wedding Organizer (WO) Anda dilirik calon konsumen. Apa lagi?

Memulai usaha Wedding Organizer (WO) bisa menjadi sesuatu yang menantang. Karena Anda bukan akan hanya berkompetisi dengan WO lain yang lebih mapan, tapi Anda juga harus bisa menyakinkan berpasang-pasang kekasih agar mau mempercayakan mimpi pernikahan mereka kepada Anda. Nah, jika Anda ingin memulai usaha tersebut, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:
 
  1. Tentukan Target Pasar. Buatlah secara spesifik dan jelas. Hal ini sangat penting agar Anda dapat lebih mudah menawarkan jasa ke pasar yang sesuai dengan target.
  2. Tawarkan Solusi. Selalu tawarkan WO Anda sebagai solusi atas keinginan calon konsumen. Dengarkan keinginan mereka dan berikan solusi, agar mereka senang dengan pelayanan Anda.
  3. Buat Keunikan. Buat strategi keunggulan, kekhususan, dan keunikan jasa Anda, sehingga ada perbedaan dengan usaha WO yang lain. Misalnya WO Anda dikenalkan sebagai spesialis pesta kebun, pantai, dan outdoor, sehingga Anda mempunyai konsep yang unik dan berbeda.
  4. Bangun Relasi. Termasuk dengan calon konsumen dan vendor yang akan mendukung jasa Anda (Seperti: jasa katering, penjahit/penyewa pakaian, manajemen gedung/tempat, sound system dan artis pendukung, photo studio, percetakan undangan dan lainnya). Relasi dengan para calon investor juga diperlukan karena akan membutuhkan modal yang tidak sedikit.
  5. Aktif di Media Sosial. Seperti Instagram, Facebook, Twitter, forum-forum online yang sesuai bidang Anda, sebagai sarana komunikasi dan promosi.
  6. Lakukan Promosi. Sebarkan informasi tentang usaha melalui kegiatan-kegiatan pemasaran yang sudah Anda rencanakan. Misalnya: penyebaran brosur, penulisan artikel di media-media, ikut pameran, menjadi sponsor acara yang ada keterkaitannya, dan lainnya.
  7. Bangun Tim. Bangun tim kerja dengan solid, dan berikan mereka pengetahuan serta gol usaha. Tujuannya agar mereka juga mendapatkan inspirasi dan semangat dari Anda, sehingga mereka bisa menjaga kualitas dan pelayanan usaha.
  8. Kembangkan Diri. Teruslah belajar untuk tumbuh dalam usaha. Ikuti acara-acara gathering dengan para wirausaha lainnya. Pelajari cara WO lain yang sudah sukses dan berikan inovasi baru.

Sudah siap memulai usaha WO Anda? Mari terapkan 8 hal di atas, dan semoga sukses.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Berikan Komentar

Marliyana Fitriyah

25 Maret 2018

Artikelnya bermanfaat 👍👍 Terima kasih

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Sutie Rahyono

Praktisi & Pendamping Usaha Kecil