Dirilis

02 April 2018

Networking atau jejaring relasi menjadi penting dalam dunia usaha, karena Anda tidak akan bisa mencapai tujuan tanpa bantuan orang lain. Entah itu berbentuk bantuan pendanaan ataupun bantuan-bantuan lainnya.

Ketika Anda bisa melakukannya dengan benar, networking juga bisa memperlancar kegiatan investasi usaha. Anda akan terbantu dalam menciptakan hubungan usaha yang bernilai, memperoleh masukan, serta meningkatkan potensi usaha. Sebaliknya, Anda akan tahu bahwa networking dalam masalah, ketika menyadari usaha yang dibangun perlahan-lahan mengalami penurunan dan tidak berkembang.

Kesalahan yang Perlu Dihindari
Membangun networking sebenarnya bukanlah perkara yang mudah, tapi juga tidak terlalu susah. Sangat penting untuk mengetahui kesalahan apa saja yang harus dihindari, agar kemampuan networking Anda berkembang dan semakin baik.

1. Tidak Membangun Networking Secara Berkelanjutan
Sebaiknya Anda tidak membangun networking hanya saat butuh. Karena dalam usaha, seorang pelaku usaha tidak bisa bersikap reaktif, menunggu takdir datang sendiri. Anda sebaiknya terus berusaha meraihnya. Oleh karena itu, mulailah bangun networking Anda secara berkelanjutan mulai dari sekarang. Sediakan satu jam kosong setiap minggunya untuk memfokuskan diri dalam upaya memperluas networking.

Ada beberapa cara yang yang dapat dilakukan, seperti meminta teman merekomendasikan seseorang yang bisa membantu perkembangan usaha Anda dan meluangkan waktu untuk bertemu dengan orang tersebut, atau kembali mengontak rekan lama yang mungkin bisa memberikan Anda ide segar.

2. Tidak Mengembangkan Personal Brand
Ketika ingin memulai hubungan kerja baru dengan seseorang, hal pertama yang pasti Anda lakukan adalah mencari tahu detail mengenai orang tersebut. Informasi itu bisa dijadikan dasar untuk mengambil keputusan. Begitu pula dengan networking yang sedang Anda bangun.

Ketika mencoba membangun hubungan dengan mitra ataupun klien baru, sangat mungkin mereka akan mengumpulkan berbagai informasi terkait diri Anda. Bisa melalui LinkedIn, Facebook, Instagram, blog, hingga melakukan googling. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk Anda membangun citra diri yang menarik, aktif, dan bijaksana, agar bekerja sama dengan Anda menjadi lebih menggoda.

Itulah mengapa Anda perlu segera mengembangkan personal brand, selain tentunya terus mencari koneksi baru secara berkelanjutan. Mulailah dengan menjaga profil media sosial Anda, memperbaruinya, dan secara teratur mem-posting berbagai artikel yang menarik serta relevan untuk memberikan kesan yang terbaik dari diri Anda.

Aktiflah dalam merespon orang-orang yang mengirimi pesan, e-mail, atau komentar, untuk meningkatkan personal brand Anda melalui media online. Ingatlah, bahwa kesempatan bisa datang kapan dan dari mana saja. Anda pasti tidak mau meninggalkan kesempatan sekecil apapun.

3. Khawatir Saat Harus Menghadiri Event Networking Sendirian
Kesalahan dalam networking lainnya yang mungkin pernah Anda lakukan adalah terlalu khawatir saat harus menghadiri event networking sendirian. Hal ini mungkin saja terjadi bahkan pada seseorang yang extrovert sekalipun. Apalagi pikiran tentang orang-orang di acara tersebut sudah mengenal satu sama lain, Anda mungkin akan merasa canggung berada diantaranya. Hal tersebut harus dihindari karena dapat mengganggu dan menguji kepercayaan diri dan kemampuan networking Anda.

Padahal jika membulatkan tekad menghadiri event networking itu sendirian, besar kemungkinan Anda akan mampu membangun percakapan dengan berbagai orang baru, yang akhirnya bisa jadi membantu usaha Anda. Sebaliknya jika menghadiri event tersebut bersama seorang teman, besar kemungkinan Anda pada akhirnya akan membatasi percakapan dengan orang baru.

Oleh karena itu, kumpulkanlah keberanian serta rasa percaya diri untuk mendekati dan bergabung dalam percakapan orang-orang baru di dalam event itu. Pastikan juga Anda melakukan persiapan seperti mencari tahu soal topik pembicaraan yang mungkin diangkat, informasi mengenai speaker, hingga daftar tamu dalam acara tersebut. Tujuannya sederhana, agar Anda memiliki daftar orang-orang yang akan diajak bicara.

Cara Membangun Networking
Setelah mengetahui beberapa kesalahan yang harus Anda hindari, kini saatnya mengumpulkan informasi mengenai cara untuk mulai membangun networking dengan baik.

1. Tetapkan Tujuan
Membangun networking bisa memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu, sudah semestinya Anda menetapkan tujuan atas usaha tersebut. Misalnya, menetapkan dalam kurun waktu tertentu, Anda harus sudah dikenal dalam komunitas marketing dan komunitas penting lain yang dapat membantu perkembangan usaha.

2. Jadikan Kebiasaan
Anda memang bisa membangun networking dalam event-event resmi, namun jangan membatasi diri. Networking juga bisa dibangun dalam berbagai kesempatan informal, seperti kenali orang-orang terbaik dalam jejaring kerja dan berusahalah memperkenalkan diri pada mereka.

3. Jadikan Diri Anda Berbeda
Persaingan di dunia usaha sungguh ketat dan Anda bukanlah satu-satunya orang yang tengah berupaya membangun networking. Jadi segeralah pikirkan tentang, mengapa orang lain harus menjalin koneksi dengan Anda. Carilah kekuatan dalam diri dan pikirkanlah bagaimana hal itu akan membuat Anda berbeda dan menonjol.

4. Miliki Daftar Relasi dan Tindak Lanjuti
Anda bisa mencari sebanyak mungkin informasi mengenai daftar relasi yang bisa dihubungi. Setelah memiliki daftar tersebut, tindak lanjutilah untuk mencapai tujuan networking Anda. Misalnya, membuat janji untuk menelepon kembali, ataupun sesimpel mengirim email artikel yang menarik untuk mempertahankan networking yang sudah susah payah Anda bangun.

Sangan mudah bukan mengembangkan networking? Tingkatkan rasa percaya diri Anda dan segeralah rasakan dampak menjalin networking yang baik.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach