Dirilis

09 Mei 2024

Penulis

Madyaning Sekar Nuricha Pramesti

Mengelola keuangan bisnis merupakan proses yang pasti dilakukan selama bisnis masih berlangsung. Dalam pengelolaannya banyak ditemukan kendala dan tantangan. Apakah Anda sering kali merasa kewalahan dalam mengelolanya? 

Mengelola keuangan memang bukan suatu hal yang mudah tapi tetap harus diusahakan. Pada dasarnya, mengelola keuangan terbagi menjadi dua yaitu uang masuk dan uang keluar. Keduanya perlu dikelola dengan efektif. Terutama uang keluar, agar bisnis Anda tidak lebih besar pasak daripada tiang.

Pengelolaan uang keluar sebisa mungkin dikelola dengan baik meliputi utang, pembiayaan, dan investasi. Namun perlu diingat bahwa dalam pengelolaannya sebaiknya tidak bisa disamakan. Untuk itu, mari kita kupas satu persatu bagaimana mengelola utang, pembiayaan, dan investasi.

 

Tips Mengelola Utang, Pembiayaan, dan Investasi


 

A.    Mengelola Utang

Utang merupakan kewajiban bagi bisnis untuk membayar. Utang yang telah diambil perlu dibayarkan beserta bunga yang telah disetujui. Pembayaran utang hendaknya dibayarkan tepat waktu agar tidak menumpuk yang berakhir membuat bisnis Anda bangkrut. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengelola utang.

 

1.    Identifikasi Utang

Identifikasi dan catat semua hutang yang dimiliki termasuk jumlah, tingkat bunga, dan kapan jatuh temponya. Berikan tanda yang berbeda untuk hutang yang perlu segera dibayar.

 

2.    Buat Prioritas

Dari daftar hutang yang telah dibuat, Anda bisa mengelompokkan utang ke dalam prioritasnya. Utamakan yang memiliki bunga yang tinggi agar beban pembayaran berkurang. 

 

3.    Rencanakan Pembayaran

Buatlah rencana pembayaran yang realistis dan atur agar tidak ada jadwal pembayaran yang melebihi batas kemampuan bisnis Anda.

 

4.    Atur Sumber Dana untuk Pembayaran 

Usahakan pembayaran utang bukan hanya pada satu sumber dana saja agar pengelolaannya bisa optimal. 

Baca juga: Yang Perlu Anda Lakukan Sebelum dan Sesudah Berhutang

 

B. Mengelola Pembiayaan

Pembiayaan merupakan dana yang diperoleh dari lembaga pembiayaan seperti bank yang sebelumnya sudah terjadi kesepakatan untuk mengembalikan dana atau tagihan dalam jangka waktu tertentu. Pembiayaan tentunya juga perlu dikelola dengan baik karena bisa memperburuk citra bisnis Anda pada pihak bank apabila terjadi penunggakan pembayaran. Anda bisa terkena blacklist sebagai pemohon pembiayaan. Untuk itu, berikut tips mengelola pembiayaan yang perlu Anda lakukan.

 

1.    Buatlah Rencana Keuangan Terlebih Dahulu

Pada tahap awal, Anda wajib membuat perencanaan keuangan agar terlihat berapa dana yang Anda butuhkan dan untuk apa kegunaannya.

 

2.    Pilih Produk Pembiayaan yang Tepat

Setelah mengetahui berapa nominal yang dibutuhkan, pilih produk pembiayaan yang tepat sesuai kebutuhan dan kesanggupan Anda.

 

3.    Patuhi Rasio Pinjaman Ideal

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah mematuhi rasio pinjaman. Rasio pinjaman yang ideal tidak melebihi 30%.

 

4.    Kelola Arus Kas

Manajemen arus kas yang baik dapat membantu Anda membayar pembiayaan tepat waktu.

Baca juga: Arus Kas Usaha Anda Berantakan? Segera Lakukan Ini

 

C. Mengelola Investasi

Ketika Anda ingin berinvestasi tentunya mengharapkan keuntungan bukan? Namun tetap harus berhati-hati, jangan mudah tergiur dengan dividen yang dijanjikan. Anda perlu mengelola investasi agar keuntungan yang didapatkan maksimal. Berikut tips mengelola dana investasi yang efektif.

 

1.    Tentukan Tujuan Investasi

Pahami kembali tujuan investasi yang akan Anda lakukan, apakah untuk meningkatkan penjualan, memperbesar bisnis Anda atau tujuan jangka panjang lainnya.

 

2.    Hitung dan Perhatikan Dana yang Dimiliki

Sebelum berinvestasi, analisis terlebih dahulu dana yang Anda miliki, jangan memaksakan dalam jumlah yang besar. 

 

3.    Perhatikan Risiko Investasi

Tentunya semakin besar dividen yang diperoleh maka semakin besar pula risiko yang dimiliki, pastikan Anda memiliki strategi lain ketika risiko tertinggi dari investasi terjadi.

 

4.    Lakukan Pemantauan Teratur

Pantau dan evaluasi secara berkala kinerja investasi Anda agar bisa mempersiapkan diri ketika terjadi kerugian.

Baca juga: 6 Jenis Investasi untuk Pengembangan Bisnis

Mengelola keuangan menjadi tantangan dalam perjalanan bisnis yang wajib Anda hadapi. Rencanakan, lakukan, dan evaluasi dengan teratur. Lakukan perbaikan terus menerus agar manajemen pengelolaan keuangan Anda semakin baik. 

Semoga tips diatas bisa membantu Anda mengelola biaya bisnis dengan efisien dan efektif. Banyak tips-tips menarik lainnya yang bisa Anda temukan di Daya.id. Yuk segera daftarkan diri anda di sini  secara Gratis dan jika Anda ada pertanyaan yang ingin didiskusikan. Jangan lupa gunakan fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS