Dirilis

27 Pebruari 2023

Penulis

Adhiyat Thoriq

Perubahan status pandemi menjadi endemi membuka lebar kesempatan untuk kita melakukan hal-hal yang sempat tidak bisa kita lakukan, seperti jalan-jalan atau traveling. Nah, situasi ini bisa Anda manfaatkan sebagai ide bisnis.

Ya, bagi Anda yang saat ini sedang mencari ide bisnis apa yang sesuai dan memiliki prospek yang baik ke depannya, tidak ada salahnya Anda melirik ide bisnis untuk membuka bisnis travel.

 

Bisnis Travel Apakah Menjanjikan?

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda dalam melakukan traveling. Ada yang dilakukan untuk perjalanan bisnis, berlibur menghilangkan stres, bahkan ada yang hanya traveling untuk merasakan makanan-makanan enak di daerah lain. Kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis untuk Anda.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Kedai Kopi Ini yang Bisa Anda Lakukan

Selain hal yang disebutkan di atas ada beberapa alasan kenapa peluang bisnis ini tidak boleh disia-siakan:

 

1. Pasar Luas dan Besar

Peluang bisnis ini sangat menjanjikan. Karena selain memiliki pasar yang sangat luas, juga memiliki permintaan yang relatif tinggi. Hal ini didukung dengan kondisi saat ini yang sudah endemi, sehingga masyarakat kembali lebih leluasa melakukan traveling, baik itu hanya untuk liburan maupun perjalanan bisnis.

 

2. Selalu Ada Permintaan 

Peluang bisnis ini bukanlah peluang bisnis musiman, bahkan permintaan perjalanan tidak pernah berhenti. Setiap hari ada saja orang-orang yang melakukan perjalanan baik untuk bisnis maupun untuk liburan.

Belum lagi hampir setiap saat ada saja momen-momen penting yang mengakibatkan pergerakan orang dari satu daerah ke daerah lain, seperti Idul Fitri, libur sekolah, Natal maupun tahun baru. 

 

3. Pembayaran Dilakukan di Depan

Hal ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Pembeli selalu membayar di depan untuk mendapatkan paket perjalanan mereka. Dan hal ini mengakibatkan risiko kerugian menjadi kecil karena uang diterima di depan.

Apakah Anda sudah yakin untuk berbisnis Travel? Nah, sebelum memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

 

1. Melakukan Riset Pasar

Banyak pebisnis pemula yang gagal dalam menjalankan bisnisnya disebabkan karena tidak pernah melakukan riset terhadap pasarnya. Riset pasar ini merupakan salah satu langkah yang wajib untuk dilakukan.

Apa saja sih keuntungan melakukan riset pasar?

  • Membantu menentukan segmen pasar yang tepat
  • Menentukan lokasi pasar berdasarkan segmen


 

2. Ciptakan Brand yang Menjual

Semua bisnis membutuhkan brand atau merek untuk memperkenalkan usaha mereka kepada calon konsumen.

American Marketing Association (Kotler & Keller, 2009) mendefinisikan brand/merek sebagai nama, istilah, tanda, lambang, atau desain, atau kombinasinya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari salah satu penjual atau kelompok penjual dan mendiferensiasikan mereka dari para pesaing.

Sangat penting untuk memiliki brand karena dengan brand, Anda dapat menggambarkan seperti apa target pasar Anda. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat sebuat brand:

  • Nama Brand. Pastikan nama brand yang Anda pakai menarik dan bisa mewakili atau menggambarkan bisnis travel yang Anda jalankan. Ingat sebuah brand haruslah gampang diingat, gampang diucapkan dan harus unik. Semakin unik, semakin mudah diingat dan semakin mudah diucapkan semakin besar kemungkinan untuk menarik konsumen.
  • Tema Warna. Hal ini biasanya akan berhubungan dengan logo, desain poster atau materi komunikasi lainnya. Pastikan warna ini juga bisa menjadi ciri khas usaha Anda. Apabila warna ini memiliki filosofi yang berhubungan dengan usaha travel Anda maka akan lebih baik lagi.
  • Logo. Dalam membuat logo pun Anda harus memastikan bahwa logo yang digunakan menarik dengan desain yang unik. Logo merupakan sesuatu yang sangat penting karena logo menjadi identitas dari bisnis travel Anda.


 

3.  Perdalam Ilmu Keuangan Anda

Dalam menjalankan bisnis khususnya untuk Anda yang baru pertama sekali menjalankan bisnis pasti banyak sekali ilmu bisnis yang harus dipelajari. Tapi ada satu skill yang sangat penting yang harus segera dipelajari dan terapkan di dalam bisnis. Skill tersebut adalah skill tentang pengelolaan keuangan.

Baca Juga: Tips Agar Keuangan Usaha Anda Tidak Bocor Dan Merugi

Banyak pebisnis pemula yang pengelolaan keuangannya masih sangat berantakan. Hal ini dapat dilihat dari tercampurnya antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Hal ini menyebabkan bisnis tidak bisa berkembang bahkan bisa sampai tutup karena kesalahan pengelolaan keuangan. Jadi sangat penting untuk Anda para pebisnis mempelajari skill pengelolaan keuangan.

 

4. Miliki Strategi Promosi yang Kuat

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah melakukan promosi agar bisnis travel dikenal oleh target market Anda, untuk itu diperlukan strategi promosi yang bagus.

Bisnis travel bukanlah merupakan bisnis baru, sudah banyak pemain lain yang juga melakukan bisnis ini. Untuk itu Anda harus memiliki strategi promosi yang bagus dan efektif yang bisa menggaet target market Anda. Lakukanlah promosi baik itu secara online maupun offline.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ingin memulai bisnis travel. Sebenernya masih banyak langkah lain yang harus dilakukan, dan akan kita bahas di artikel terpisah. Tetapi pastikan dulu keempat hal ini dilakukan sebelum Anda melakukan hal lainnya.

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang kewirausahaan dan gaya hidup dapat mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Nattan Leon Rumamby

28 Pebruari 2023

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS