Dirilis

30 April 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Sudah menawarkan produk dengan harga murah, namun pelanggannya tak juga bertambah? Apa yang salah ya?

Mari diingat lagi, apakah Anda sudah melayani pelanggan dengan senyum ramah?

Apakah Anda sudah memberi informasi yang jelas kepada pelanggan mengenai produk yang ia inginkan?

Harga seringkali dijadikan dasar pertimbangan bagi pelanggan untuk memutuskan membeli produk. Pelaku usaha pun berlomba-lomba menawarkan harga yang kompetitif demi menarik lebih banyak pelanggan. Apakah harga merupakah satu-satunya faktor yang lebih penting?

Tahukah Anda, selain harga, faktor pelayanan juga sangat mempengaruhi keputusan pelanggan? Tidak hanya mengenai membeli produk atau menggunakan jasa Anda, namun juga apakah mereka akan kembali lagi di kesempatan berikutnya.  Bahkan, banyak pelanggan yang bersedia membayar produk atau jasa dengan harga yang lebih mahal jika pelayanan yang diberikan melebihi ekspektasi mereka. Kenapa? Karena pelayanan yang baik membuat pelanggan merasa dihargai.

Sebagai pelaku usaha, memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan sangat penting untuk menimbulkan kesan positif terhadap usaha Anda. Berikut ini beberapa sikap yang harus Anda miliki guna menunjang keberhasilan usaha:
 
  1. Memiliki target yang jelas dan berusaha mencapainya agar usaha yang dikelola menjadi semakin baik.
  2. Memiliki antusiasme yang tinggi dalam bekerja, serta bisa menularkan semangat dan etos kerja kepada semua yang terlibat di dalam usahanya
  3. Ramah, dimulai dengan senyum yang tulus, pilihan kata yang berkesan ramah, serta santun tetapi tidak merendahkan diri.
  4. Memiliki disiplin yang kuat, ketepatan waktu,  dan konsistensi, sehingga mulai dari jam operasional pelayanan usahanya dikenal oleh para pelanggannya.
  5. Jujur dalam melayani dan bertransaksi, memberikan informasi yang sebenarnya mengenai kondisi produk, serta jujur dalam hal ukuran dan timbangan
  6. Memiliki kreativitas yang tinggi dalam mengelola usahanya.

Nah, sudah terbayang kan sikap dan karakter seperti apa yang perlu dibangun dan ditingkatkan untuk memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan? Mari tanam dan tumbuhkan sikap tersebut agar pelanggan tidak ragu untuk selalu datang dan belanja lagi.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

01 Desember 2023

Keren informasi nya 👍👍

Balas

. 0

Arrino Fatra

14 September 2023

Bermanfaat

Balas

. 0

putra astaman

04 Pebruari 2023

Ok

Balas

. 0

Lucky Lombu

07 Mei 2018

Menarik

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS