Dirilis

07 September 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Anda bisa menjalankan usaha dengan dua cara, yaitu mendirikan usaha baru atau membeli hak waralaba dari usaha yang sudah ada sebelumnya. Di Amerika Serikat, geliat waralaba cukup baik. Sama halnya dengan di Indonesia. Tapi, apa strategi yang bisa Anda pelajari dari perkembangan waralaba di Negeri Paman Sam tersebut.

Lihat juga: Daftar Peluang Usaha Waralaba

Belum lama ini, Entrepreneur merilis daftar Waralaba 500 yang berisikan perusahaan waralaba yang sukses. Berikut ini 5 di antaranya.

Dunkin Donuts
Memuncaki daftar teratas dalam kategori Fastest-Growing Waralabas, Dunkin Donuts termasuk salah satu waralaba di Amerika Serikat yang cukup sukses. Didirikan sejak 1950, restoran waralaba ini mengalami peningkatan yang cukup pesat tiap tahunnya. Jika dilihat data per tahunnya, Dunkin Donuts mampu membuka gerai baru hingga 409 gerai. Dan, selama kurun waktu tiga tahun, Dunkin Donuts juga berhasil membukukan prestasi dengan 1.357 gerai.

Popularitas Dunkin Donuts di Amerika Serikat tak lepas dari strategi pemasarannya yang kini cukup menitikberatkan pada kopi. Dunkin Donuts mampu membaca permintaan pasar yang kian tinggi untuk kopi.

Planet Fitness
Di antara serbuan usaha kuliner waralaba, terselip usaha waralaba yang terkait dengan kesehatan. Planet Fitness berada pada urutan ke-3 dalam daftar Fastest-Growing Waralabas dan urutan ke-21 dalam daftar Waralaba Top 500. Didirikan pada tahun 1992, Planet Fitness yang baru memutuskan untuk menjadi perusahaan waralaba sejak tahun 2003 ini telah memiliki 1.335 unit usaha di Amerika Serikat saja.

Satu hal yang membuat Planet Fitness cukup disukai masyarakat Amerika Serikat adalah karena biaya anggotanya yang cukup terjangkau dan bisa bersaing dengan brand gym center yang lebih besar. Tak hanya itu, Planet Fitness punya strategi unik dengan mengincar konsumen yang sesekali datang saja atau konsumen yang pertama kali pergi ke gym. Dan, tiap Planet Fitness pasti menggelar pizza month dan bagel morning sebulan sekali. Mereka juga menyediakan snack Tootsie Roll dengan gratis. Cara yang cukup ampuh memikat konsumen bukan?

McDonald’s
Untuk kategori Waralaba 500, McDonald’s menjadi pemenangnya. Restoran waralaba yang sudah bergerak selama 55 tahun ini juga cukup sukses di berbagai negara. Tercatat, ada sebanyak 21.093 gerai McDonald’s di luar Amerika Serikat per awal tahun 2018. McDonald’s pada awalnya hanya menjual hamburger dan kentang goreng. Kini, mereka juga menjual menu ayam, pilihan menu sarapan, hingga salad. Banyak pengamat ekonomi yang menilai kalau kekuatan McDonald’s adalah pada inovasi, konsistensi, dan kebebasan pembeli hak waralaba mereka.

Inovasi pertama McDonald’s adalah Drive Thru (yang cukup sukses), McFlurry, hingga Filet-O-Fish yang punya banyak penggemar. Kebebasan pembeli hak waralaba juga membuat McDonald’s bisa bertahan dengan berbagai budaya masyarakat setempat. Pernah menemukan menu paket nasi dan ayam selain di luar Indonesia?

KFC
Entrepreneur juga merilis daftar usaha waralaba yang masuk dalam kategori Top Brand. Tiap brand yang masuk dalam kategori ini memiliki branding yang baik, sehingga produk mereka mampu melakukan penetrasi pasar yang cukup kuat. Selain jumlah investasi dan aset yang ada, follower media sosial, lama usaha telah berjalan, lama usaha waralaba berjalan, hingga reputasi pasar. Dan, yang menjadi pemuncak dalam kategori ini adalah KFC. Dengan jumlah investasi sebesar minimum 1,4 miliar Dollar, KFC bahkan mengalami peningkatan jumlah gerai di luar Amerika Serikat yang cukup signifikan; ada lebih dari 5.000 gerai yang dibuka sejak 2016 ke 2017. Di Indonesia sendiri, Anda bisa melihat gerai KFC cukup sering bukan?

UBreakIFix
Pada kategori Top New Waralabas, ada hal yang cukup menarik. Usaha waralaba dalam kategori ini sama sekali tidak didominasi oleh usaha kuliner. Kategori Top New Waralabas menempatkan perusahaan waralaba yang baru berjalan 5 tahun (sejak 2013). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan biaya operasional, ukuran usaha dan perkembangannya, kekuatan brand, hingga stabilitas dan kekuatan keuangan. Pada kategori ini, yang menjadi pemegang kekuatannya adalah UBreakIFix.

Perusahaan waralaba ini bergerak pada bidang perbaikan barang-barang elektronik, seperti smartphone, tablet, komputer, hingga mesin video game. Anda bisa mengirim barang Anda atau mengunjungi mereka di pusat perbelanjaan untuk memperbaiki barang elektronik yang rusak. Kelebihan yang ditawarkan UBreakIFix adalah adanya garansi onderdil hingga 90 hari.

Sumber:

Rofian Akbar

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rofian Akbar

Pakar Waralaba