Dirilis

19 Mei 2020

Penulis

Dian Wisnu

Jenjang karir yang lebih baik dapat membuat Anda semakin bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Namun, tentu saja banyak orang selain Anda yang menginginkan hal tersebut.

Anda tidak perlu khawatir dan menghindari persaingan. Karena hal itu wajar terjadi, termasuk di lingkungan kerja. Yang dapat Anda lakukan dalam situasi tersebut adalah bersaing secara sehat. Pertanyaannya, bagaimana cara bersaing secara sehat itu? Berikut adalah 6 cara yang bisa Anda terapkan.

  1. Redam Ego dengan Baik

Menyingkirkan ego merupakan langkah utama jika ingin bersaing sehat di kantor. Tapi meredam ego bukan perkara mudah, apalagi dilakukan ketika ingin bersaing. Karena persaingan akan menimbulkan perasaan dan emosi yang berlebihan. Makanya, meredam ego merupakan cara yang paling baik untuk mencegah terjadinya perselisihan.

Meredam ego adalah salah satu manajemen emosi. Ketika Anda dapat meredam ego, selain mencegah terjadinya perselisihan, sebenarnya Anda juga sedang menguasai manajemen emosi. Manajemen emosi dapat membantu Anda untuk tetap bertahan dengan baik di banyak aspek kehidupan.

Jadi, setiap Anda ingin meluapkan emosi, ingat baik-baik bahwa Anda sedang dalam perjalanan menguasai manajemen emosi. Anda melakukannya untuk diri Anda sendiri menjadi versi yang lebih baik!

  1. Pertahankan Kualitas Baik di Kantor

Ketika tengah bersaing, pertahankanlah kualitas kerja yang baik. Bahkan, momen bersaing ini adalah momen emas untuk meningkatkan kualitas kerja Anda lebih baik dari sebelumnya. Mulailah dari menentukan target atau tujuan yang ingin dicapai. Dengan menentukan target, Anda menjadi lebih termotivasi untuk memberikan yang lebih baik dan lebih baik lagi.

  1. Jangan Pelit Berbagi Pengetahuan

Bekerja bersama dengan tim bukan hal yang mudah dilakukan bagi sebagian orang. Jika Anda termasuk dalam tipe yang satu ini, coba untuk tanamkan pada diri sendiri, Anda tidak hanya bekerja untuk diri sendiri. Jangan hanya ingin dianggap paling pintar dan menonjol, apalagi jadi pelit informasi yang berguna bagi tim. Hal yang satu ini justru dapat memancing keributan antar sesama anggota tim. Lakukan yang terbaik demi keberhasilan tim, karena keberhasilan satu orang di dalam tim merupakan keberhasilan bersama. Seperti kata seorang petualang dari Amerika, Chris McCandless, “Happiness is only real when shared.” Artinya, kebahagiaan sesungguhnya adalah kebahagiaan yang dirasakan bersama-sama. Bersama lebih baik!

  1. Bersikap Ramah pada Semua Orang

Jika sudah sibuk dengan deadline dan meeting, terkadang bisa membuat lupa untuk tersenyum dengan orang-orang di kantor. Padahal, dengan senyuman dan sapaan dapat membuat perbedaan besar. Bisa saja perubahan besar pada karirmu dimulai dari senyuman dan sapaan yang Anda berikan. Jadi, yuk biasakan senyum!

  1. Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar yang baik ternyata dapat membantu bersaing sehat di lingkungan kerja. Terlalu cepat memaksa atasan untuk menyetujui ide Anda, akan membuat rekan kerja merasa pendapatnya tidak dihargai. Menunjukkan rasa hormat dengan mendengarkan saran atau pemikiran orang lain sudah membuat Anda bersaing secara sehat di kantor.

Dengan menjadi pendengar yang baik, Anda juga dapat menjadi orang yang lebih berpengaruh. Menjadi orang yang memberi pengaruh adalah salah satu ciri pemimpin yang baik.

  1. Mengenali Rekan Kerja Lebih Dekat

Cobalah untuk mengenali lebih dekat rekan kerja yang ada di sekitar Anda. Tak harus kenal dalam, cukup lebih dekat. Bisa jadi Anda punya banyak kesamaan. Cara yang satu ini dapat Anda lakukan dengan mengajak makan siang bersama atau sekedar minum kopi.

Peluang mendapatkan promosi memang tidak datang setiap saat. Siapa saja pasti ingin ikut andil jika dihadapkan pada situasi yang satu ini. Namun, jika Anda harus bersaing dengan teman sendiri dan menimbulkan rasa tidak nyaman, hal ini akan berdampak pada kinerja Anda. Oleh karenanya, agar hal tersebut tidak terjadi, penting untuk bersaing secara sehat.

Jika dalam persaingan ini Anda mengalami kegagalan, jangan lupa untuk ucapkan selamat pada rekan kerja atas keberhasilannya. Anda dapat mengatakan atasan tepat dalam memilih orang untuk ditempatkan di posisi tersebut. Langkah tersebut merupakan langkah terakhir yang harus Anda lakukan dalam persaingan sehat.

Jika Anda sukses dalam persaingan ini, jangan terlalu dipamerkan. Anda dapat merayakan keberhasilan di luar kantor dengan keluarga atau teman dekat. Promosi bisa datang kapan pun, tetapi hubungan pertemanan harus tetap dijaga agar suasana kerja tetap nyaman dan kondusif.

 

Demikian 6 cara bersaing sehat dengan rekan kerja yang bisa Anda terapkan. Semoga dapat bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih jauh terkait topik ini atau hal seputar karir dan psikologi, Anda dapat bertanya pada ahli kami di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Dian Wisnu

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Muthmainah Mufidah, M.Psi

Psikolog Klinis Dewasa

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS