Dirilis

15 Juli 2021

Penulis

Qodri Perdana

Evaluasi dapat berarti pengecekan atau penilaian ulang terhadap proses atau metode dalam sebuah sistem kerja. Dalam berwirausaha, perlu diingat, tidak mungkin suatu usaha akan berjalan mulus-mulus saja. Evaluasi penting dilakukan oleh pelaku usaha untuk mencari tahu kesalahan atau memperbaiki kesalahan dalam usaha yang sedang dijalankan. Harapannya agar usaha tidak meredup setelah sukses sewaktu didirikan.

Tujuan Analisis Keuangan

1. Mengetahui Posisi Keuangan Usaha Anda

Posisi yang dimaksud bukan berarti tempat di mana Anda menjalankan usaha, namun ditujukan kepada kondisi keuangan usaha. Dengan melakukan evaluasi, Anda dapat selalu mengetahui kondisi terkini keuangan Anda seperti utang, modal, kerugian ataupun keuntungan. Selain itu, Anda dapat mendeteksi rata-rata pengeluaran bulanan atau mingguan.


 

2. Mengetahui Pergerakan Usaha

Dengan melakukan evaluasi, Anda dapat mengetahui usaha sedang dalam pergerakan maju, sedang jalan ditempat atau malah sedang mengalami kemunduran. Anda dapat mengetahuinya dengan cara membandingkan laporan keuangan pada saat Anda awal mendirikan usaha dengan laporan keuangan Anda sekarang.

 

3. Dasar Pertimbangan dalam Mengambil Strategi Usaha

Evaluasi keuangan merupakan sebuah dasar pertimbangan dalam menentukan strategi usaha Anda selanjutnya. Setelah kondisi keuangan usaha diketahui, dan sedang mengalami peningkatan, maka Anda dapat membuat strategi pengembangan usaha agar lebih meningkat lagi kondisi keuangannya. Namun, jika usaha Anda sedang mengalami penurunan, Anda mempunyai dasar pertimbangan yang kuat untuk membuat strategi untuk perbaikan usaha yang Anda miliki.


 

Setelah mengetahui tujuan dari evaluasi keuangan usaha, apa sajakah yang perlu dianalisis sehingga Anda bisa memiliki kinerja keuangan usaha yang baik? Mari kita lihat beberapa penjelasan dibawah ini:

 

    a. Analisis Laporan Neraca Keuangan

Laporan Neraca Keuangan adalah salah satu jenis laporan yang berfungsi untuk melihat kondisi atau posisi keuangan dalam waktu tertentu. Anda dapat menganalisis laporan ini setiap bulannya. Melalui laporan neraca keuangan, Anda sebagai pelaku usaha dapat menganalisis beberapa informasi penting seperti asset, kewajiban, dan modal.

  • Asset: berisi segala informasi terkait kekayaan yang dimiliki, dan diharapkan dapat mendukung usaha Anda di masa depan. Asset pun terbagi dua, yaitu asset lancar (current asset) seperti : kas, dan piutang. Dan asset tetap (fixed asset) seperti : gedung, mesin dan tanah
  • Kewajiban: berisi semua tindakan pelaku usaha dalam melakukan proses pembayaran dan penyelesaian demi kelangsungan usaha seperti utang dagang, gaji karyawan atau utang bank
  • Modal: berisi semua pengeluaran dalam membeli barang dagang usaha beserta dengan semua kelengkapan pendukung usaha.

 

    b. Analisis Laporan Arus Kas (Cash Flow)

Laporan arus kas adalah laporan yang berisi tentang aliran kas usaha. Laporan ini dapat digunakan indikator pergerakan kas usaha Anda untuk di masa datang.  Yang dapat Anda analisis dari arus kas, yaitu arus kas masuk yang bersumber dari pinjaman, permodalan ataupun kegiatan pelaksanaan operasional usaha. Anda juga dapat menganalisis arus kas keluar contohnya biaya investasi, pengeluaran pembelian produk, biaya operasional
 

c. Analisis Pergerakan Modal

Modal menjadi unsur penting selama menjalankan usaha. Selama usaha tersebut berjalan, modal akan selalu mengalami perubahan dan pergerakan. Pergerakan ini dapat diakibatkan oleh kegiatan operasional usaha, baik dari hasil penjualan usaha maupun pengeluaran usaha. Dengan menganalisis pergerakan modal, Anda dapat mengalisa seberapa modal yang tersisa yang dimiliki sehingga dapat menentukan strategi selanjutnya.

 

     d. Analisis Laporan Laba Rugi

Analisis laporan laba rugi, sesuai dengan nama nya fungsi analisis ini adalah untuk mengetahui kondisi usaha sedang dalam mendapatkan laba atau sedang mengalami kerugian. Apabila pemasukan lebih besar dari pengeluaran, maka Anda memiliki laba. Jika kondisi sebaliknya, berarti Anda mengalami kerugian.

 

Setelah mengetahui tujuan dan analisisnya, sudah siap kan Anda membuat evaluasi kinerja keuangan?

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi dan trainer usaha dari Daya.id Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS