Dirilis

11 April 2023

Penulis

Ariematea Kristiawan

Bagaimana cara meningkatkan keuntungan tanpa menambah harga jual? Cara ini penting dilakukan oleh seorang pebisnis, jika ingin ingin usahanya tetap berjalan lancar dan terus maju. 

Nah, bagi Anda yang penasaran terkait apa sajakah cara-cara jitunya dalam meningkatkan keuntungan tanpa menambah harga jual, bisa langsung temukan jawabannya di artikel berikut ini.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Keuntungan Tanpa Menambah Harga Jual?

Di bawah ini terdapat sejumlah trik-trik jitu terkait Bagaimana cara meningkatkan keuntungan tanpa menambah harga jual, yang perlu dipahami dan patut dicoba.

 

1.    Mengoptimalkan pelayanan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keuntungan tanpa menambah harga jual adalah dengan mengoptimalkan pelayanan. Cobalah untuk memberikan pelayanan terbaik seperti ramah, dan sabar dalam melayani para pelanggan yang berkunjung ke toko Anda. 

Cara ini memang terlihatnya sepele, namun jika dilakukan dengan benar, maka dampaknya akan sangat posiitif untuk ke depannya bagi toko Anda, pelanggan pun akan menjadi senang mengunjungi dan berbelanja di toko Anda kembali. 

Baca Juga: Jagalah Kepuasan Pelanggan Anda

 

2.    Menekan Biaya Operasioanal

Cara kedua untuk meningkatkan keuntungan tanpa menambah harga jual yaitu dengan menekan biaya operasional. Maksud dari menekan biaya operasional sendiri ialah, mengurangi pengeluaran kebutuhan bulanan perusahaan yang tidak terlalu diperlukan atau dibutuhkan. Kemudian Anda juga bisa mencoba mengurangi biaya penyimpanan barang di gudang. 

Misalkan saja area penyimpanan barang di gudang Anda masih tersisa cukup luas, maka cukuplah sewa satu gudang saja untuk menyimpanan barang Anda. Jika langkah ini bisa Anda terapkan dengan baik dan secara optimal, maka efeknya akan terlihat secara signifikan dan profit di perusahaan Anda pun akan meningkat sesuai dengan harapan Anda.

 

3.    Mengurangi Biaya Pemeliharaan (Maintenance)

Langkah berikutnya untuk meningkatkan keuntungan tanpa menambah harga jual yaitu, dengan mencoba mengurangi biaya pemeliharaan peralatan di perusahaan. Secara umum memang setiap peralatan di perusahaan seperti mobil operasional, komputer dan lain-lainya membutuhkan perawatan yang baik dan secara berkala setiap satu bulannya.

Namun hal tersebut bisa diminimalisir dengan mencoba mengurangi jumlah maintenancenya menjadi ke 3 bulan sekali, atau Anda juga bisa mencoba memperkerjakan seorang maintenance profesional yang bayarannya relatif miring. Sehingga dengan begitu, Anda pun bisa menaikkan profit tanpa perlu repot-repot menambah harga jual. 

 

4.    Mengevaluasi Efektivitas Karyawan dan Jumlah Karyawan

Cara selanjutnya dalam meningkatkan keuntungan tanpa menambah harga jual yang bisa Anda lakukan ialah dengan mencoba rutin mengevaluasi efektivitas karyawan dan jumlah karyawan yang ada di perusahaan Anda. Cara ini sangat efektif untuk Anda coba, karena apabila terdapat karyawan yang tidak produktif dan profesional dalam bekerja, maka Anda bisa langsung mengeluarkannya. 

Baca Juga : Evaluasi Karyawan Tengah Tahun, Apa Manfaatnya?

Karena percuma saja memperkerjakan karyawan yang tidak profesional di perusahaan Anda. Hal ini malah hanya akan menambah beban biaya usaha atau perusahan Anda. Terutama pada karyawan yang sudah memiliki jabatan tinggi dengan gaji yang cukup besar. Kemudian selain rutin melakukan evaluasi, coba pastikan setiap karyawan yang bekerja di perusahaan Anda memiliki pekerjaan yang dapat diselesaikan selama 40 jam dalam seminggu. Sehingga dengan begitu mereka pun dapat berkontribusi dengan baik. 

 

5.    Memangkas Biaya Produksi Barang

Cara berikutnya untuk meningkatkan profit usaha anda tanpa perlu melakukan penambahan harga jual yakni dengan melakukan pemangkasan biaya produksi barang pada perusaha. Cara ini umumnya terbilang cukup efektif dan banyak dilakukan oleh para pebisnis untuk meningkatkan profit di perusahaannya. 

Bisa kita ambil contoh, misalkan Anda menjual tas seharga Rp800.000, kemudian modal produksi atau pun pembelian dari supplier seharga Rp500.000, maka dengan begitu, secara tidak langsung Anda pun akan mendapatkan keuntungan secara kotornya adalah Rp300.000. 

Kemudian perlu Anda ketahui, dalam berbisnis jika Anda menjual sebuah barang yang bukan hasil produksi dari perusahaan Anda sendiri, melainkan bekerjasama melalui supplier, maka cobalah untuk mencari supplier yang bisa memberikan harga yang cukup murah, agar Anda bisa meraih keutungan yang besar. Seperti yang sudah dicontohkan dalam pembahasan di atas.

 

6.    Menghilangkan Komponen yang Tidak Esensial

Menghilangkan berbagai komponen yang sudah tidak diperlukan lagi, juga bisa menjadi salah satu cara dalam mengurangi biaya produksi perangkat. Kita ambil contoh seperti Anda mengurangi biaya produksi perangkat komputer, maka di situ Anda juga harus mengurangi biaya Packagingnya, atau pun menghilangkan komponen seperti CD/DVD playernya. 

Dengan menghilangkan komponen semacam yang dijelaskan di atas tersebut, ini akan dapat menguntungkan bagi perusahaan Anda, karena Anda tidak perlu repot memberikan produk lengkap yang ujung-ujungnya tidak terlalu dibutuhkan oleh pihak konsumen atau pun pelanggan. Dengan begitu Anda pun dapat menghemat biaya pengeluaran pada produksi. 

Nah, itulah ulasan singkat terkait Bagaimana cara meningkatkan keuntungan tanpa menambah harga jual yang bisa dipelajari. Bagi Anda yang tertarik ingin mempelajari lebih lanjut dan secara detail, bisa langsung kunjungi mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, Anda juga dapat bertanya langsung dengan ahlinya melalui fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. untuk bisa mendapatkan seluruh fitur di daya.id secara Gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Siti Saidah Sinaga

11 April 2023

Sangat membantu...masukan yg bagus

Balas

. 0

Linda Sari

11 April 2023

Bagus

Balas

. 0

Wasmin

11 April 2023

Sangat berguna

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS