Dirilis

11 Juni 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Ada satu hal yang menambah kesenangan menjelang Lebaran, terutama bagi Anda para karyawan. Apalagi kalau bukan Tunjangan Hari Raya (THR).

Setelah mendapatkan THR, Anda mulai memikirkan barang-barang impian, seperti baju, celana, sepatu, smartphone, pokoknya segala sesuatu yang baru. Tapi hati-hati, jika pola pikir tersebut berlanjut menjadi pola konsumtif yang tak terkendali, uang THR Anda akan ludes dalam waktu singkat, bahkan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Nah, agar uang THR Anda bisa bermanfaat, berikut ini 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Rencanakan Anggaran Khusus untuk Uang THR

Sebelum dan sesudah menerima THR, Anda sebaiknya membuat anggaran khusus, untuk pengeluaran yang memang perlu selama Ramadan hingga menjelang hari raya nanti.

Setelah membuat anggaran, buat juga skala prioritas, mana kewajiban yang harus segera dibayar, dan mana hal yang biasa dikeluarkan secara bertahap (seperti membeli makanan dan minuman untuk kebutuhan sehari-hari).

2. Prioritaskan untuk Hari Raya dan Keperluan Mudik

Sesuai dengan namanya, uang ini memang ditujukan untuk hari raya. Jadi, prioritaskan penggunaannya untuk keperluan Lebaran, seperti membeli tiket mudik, baju baru, dan menyiapkan ‘uang pemberian’ untuk saudara-saudara di kampung nanti.

Meski begitu, bukan berarti Anda habiskan semua THR untuk hal tersebut ya. Kendalikan pengeluaran dengan bijak. Jangan berlebih, tapi jangan sampai Anda jadi pelit berbagi kegembiraan.

3. Pakai untuk Bayar Utang atau Dana Darurat

Jika Anda punya utang, sebaiknya pakai sejumlah uang THR untuk membantumu melunasinya. Mempunyai utang yang berlarut-larut hanya akan memberatkan finansial Anda lho. Jadi, selagi punya uang tambahan, segera alokasikan untuk membayar utang. Semakin cepat lunas, semakin baik.

Bagi yang sudah tidak punya utang, Anda bisa menyisihkan THR untuk menambah simpanan dana darurat. Karena keperluan mendadak bisa terjadi kapan saja dan biayanya juga tidak bisa diprediksi. Untuk hal ini, sebaiknya Anda sisihkan 15% dari THR.

4. Berbagilah dengan yang Membutuhkan

Setelah mendapatkan rejeki berupa THR, sekarang saatnya Anda juga menyalurkan rejeki itu ke orang lain yang lebih membutuhkan. Dengan berbagi, Anda akan merasakan betapa bahagianya hidup dan uang Anda bisa terpakai untuk hal yang bermakna bagi orang lain.

5. Pisahkan Uang untuk Ditabung dan Investasi

Salah satu permasalahan utama yang menghalangi seseorang untuk menabung adalah karena tidak punya uang untuk ditabung. Nah, THR ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan, yang bisa membantu Anda mendongkrak jumlah tabungan. Sisihkan kira-kira 10% dari total THR.

Selain ditabung, THR dapat juga bisa digunakan untuk berinvestasi. Dengan begitu, uang THR menjadi lebih bermanfaat dalam kehidupan finansial. Anda dapat berinvestasi emas, deposito, obligasi, saham, atau reksadana seperti program Ketupat Sinaya dari BTPN Sinaya dan Maxi Saver yang merupakan salah satu fitur unggulan dari tabungan digital Jenius.

Bagi Anda yang bekerja tetapi juga memiliki usaha sambilan, THR bisa dipergunakan untuk menambah modal usaha, supaya usaha semakin besar dan maju.

Gunakanlah uang THR Anda secara bijak, bukan hanya untuk kebutuhan sesaat, tapi juga untuk bersedekah dan untuk mengembangkan uang tersebut menjadi lebih banyak serta berdaya guna.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Koekoeh Gesang Setyonugroho

18 Juni 2018

Terima kasih tipsnya :)

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS