Dirilis

03 Oktober 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Dalam dunia bisnis, dikenal istilah komunikasi bisnis. Secara garis besar, tujuan komunikasi bisnis adalah untuk mencapai keberhasilan bisnis. Dengan komunikasi yang baik, pelaku bisnis bisa menawarkan, memperkenalkan, dan menjual produk atau jasa yang ditawarkan dengan lebih baik dan optimal. Selain itu, komunikasi yang baik akan menghindari terjadinya kesalahpahaman antara kedua belah pihak misalnya pihak konsumen atau rekan bisnis. 


Pengertian dan Tujuan Komunikasi Bisnis

pengertian dan tujuan komunikasi bisnis
Komunikasi bisnis adalah salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis ataupun perusahaan. Dimana komunikasi bisa dilakukan secara verbal atau nonverbal. Di dalam komunikasi bisnis ini berisi ide, pendapat, gagasan maupun informasi. Perlu diketahui bahwasanya komunikasi bisa dilakukan secara personal atau non personal. 

Menurut Djoko Purwanto, komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam komunikasi, baik komunikasi verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu. Komunikasi bisnis memiliki 3 tujuan utama, antara lain:


1. Memberikan Informasi

Tujuan pertama komunikasi bisnis adalah memberikan informasi. Informasi yang diberikan untuk perusahaan atau pihak lain diluar perusahaan (pihak eksternal). Contohnya, suatu perusahaan membutuhkan karyawan baru. Maka dari itu, perusahaan akan membuat informasi di media sosial atau membuat selebaran untuk mencari karyawan baru yang bisa membantu bisnis perusahaan tersebut.


2. Memberikan Persuasi

Setiap komunikasi bisnis yang dilakukan bertujuan untuk melakukan persuasi atau memberikan pengaruh kepada orang lain. Persuasi itu sendiri berarti mempengaruhi atau meyakinkan pihak lain supaya setuju atau sepaham dengan apa yang diinginkan perusahaan. 

Biasanya tujuan komunikasi dalam bisnis satu ini dilakukan oleh pihak procurement pada saat ingin membeli suatu produk. Namun, saat ingin membeli produk dengan harga yang murah, perusahaan harus membeli produk tersebut dengan jumlah minimal tertentu. 


3. Melakukan Kerja Sama 

Tujuan dari komunikasi bisnis yang terakhir adalah melakukan kerja sama antar dua belah pihak. Melakukan kerja sama yang baik dengan pihak lain, memungkinkan kerjasama yang dilakukan bisa dengan mudah mencapai keberhasilan dalam bisnis. Maka dari itu, komunikasi dalam bisnis harus diterapkan dengan baik. Jika komunikasi dalam bisnis belum dilakukan dengan baik maka jangan malas untuk terus belajar dan mengasah diri supaya mahir dalam berkomunikasi. 


Cara Penyampaian Komunikasi Bisnis 

cara penyampaian komunikasi bisnis
1. One by One atau Secara Individu

Komunikasi bisnis bisa disampaikan one by one atau secara individu. Biasanya cara ini dipilih ketika akan membahas topik sensitif untuk mencegah rasa malu. 


2. Presentasi

Komunikasi visual seperti dengan cara presentasi merupakan cara paling efektif yang sering digunakan oleh karyawan. Presentasi ini bisa membantu dalam mengkomunikasikan pesan secara virtual. Selain itu, presentasi bisa digunakan untuk membuat pesan dengan singkat sehingga bisa mencegah informasi yang berlebihan.


3. Pelatihan 

Pelatihan bisnis bisa diberikan secara langsung ataupun dengan menggunakan metode elektronik. Perlu diketahui jika pelatihan menjadi aspek yang cukup penting untuk mengkomunikasikan gagasan ataupun harapan perusahaan. Maka dari itu, buatlah pelatihan semenarik mungkin.


4. Rapat Tim 

Rapat tim menjadi cara komunikasi bisnis yang paling efektif untuk menyampaikan pesan dan mendengarkan informasi yang dikatakan oleh tim. Rapat tim akan semakin efektif apabila semua peserta didorong untuk terbuka dan juga jujur. 

Nah itulah pengertian dan tujuan komunikasi bisnis. Pada dasarnya komunikasi yang baik dalam bisnis sangatlah dibutuhkan demi kelancaran proses berjalannya bisnis. Jangan sampai bisnis tidak berkembang karena komunikasi tidak berjalan dengan baik. Anda bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar komunikasi bisnis selengkapnya.  Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!         
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Nattan Leon Rumamby

08 November 2021

👍

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

04 Oktober 2021

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS