Dirilis

09 Februari 2018

Penulis

Daya Tumbuh Usaha

Jasa Titip Beli (Jastip) bisa menjadi usaha sampingan bahkan menjadi sumber penghasilan utama. Modalnya tidak besar, tapi Anda perlu memperhatikan cara kerjanya agar usaha ini bisa berjalan lancar.

Seperti namanya, Jastip merupakan jasa pembelian barang sesuai titipan orang yang memesan. Biasanya jasa ini melayani pembelian ke toko, mal, acara tertentu, bahkan melayani pembelian barang di luar negeri. Jastip dijalankan perorangan, di luar negeri popular dengan istilah Personal Shopper.

Untuk menjalankan jasa ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini di antaranya:

1. Tentukan Target Pasar dan Fokus Produk
Sebelum memulai usaha ini pastikan dulu siapa target pasar Anda, dan apa fokus produk yang akan Anda tawarkan. Target pasar dan fokus produk akan membantu dalam membuat promosi melalui sosial media.

2. Optimalkan Media Pemasaran
Jastip sangat populer untuk dipromosikan melalui sosial media. Melalui Instagram, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan hastag (#). Sedangkan melalui Facebook, Anda dapat memanfaatkan Facebook Page.

3. Pahami Cara Kerja Jastip
Ada dua metode pembayaran Jastip. Metode pertama, pembeli membayar terlebih dahulu sesuai dengan harga yang ditentukan. Metode kedua, penjual yang menalangi uang si pembeli terlebih dahulu. Dan sebagai pelaku Jastip, Anda perlu bersikap jujur, profesional, serta transparan mengenai biaya jasa yang Anda ambil. Biasanya penjual membuat biaya dari Rp5.000 hingga Rp25.000 per barang.

4. Proaktif Terhadap Acara Potensial
Sebaiknya tidak bersikap pasif dengan menunggu permintaan. Anda bisa memanfaatkan acara-acara seperti midnight sale di pusat perbelanjaan agar pelanggan bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

5. Berikan Pelayanan Lebih
Agar pelanggan tidak lari ke Jastip lain, penting untuk memberikan kenyamanan, serta membuktikan barang yang Anda tawarkan memang berkualitas dan layak untuk dibeli. Kesetiaan pelanggan tentunya akan makin meningkatkan pendapatan usaha Anda.

Tertarik menjalankan usaha Jastip? Anda bisa lho memulai dari orang-orang terdekat. Selamat mencoba.
 

Sumber:

Sutie Rahyono

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

15 December 2023

Keren informasi nya ??

Balas

. 0

Sri Widjaya

05 September 2023

Jemput bola

Balas

. 0

Koekoeh Gesang Setyonugroho

13 February 2018

bagus juga nih idenya ?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS