Dirilis

30 September 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Investasi merupakan pilihan untuk mengelola dan menyimpan aset Anda dalam jangka panjang. Anda bisa berinvestasi langsung maupun investasi tidak langsung yang disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan. Investasi langsung adalah investasi yang dilakukan secara langsung oleh investor dalam bentuk aset riil. 

Contoh investasi langsung adalah tanah, rumah, apartemen, dan emas. Kebalikan dari investasi ini adalah investasi tidak langsung. Lalu, apa yang dimaksud dengan investasi tidak langsung?


Pengertian Investasi Tidak Langsung dan Kelebihannya

pengertian investasi tidak langsung
Bentuk investasi secara tidak langsung misalnya seperti aset finansial berupa saham, obligasi dan surat berharga lainnya. Surat-surat berharga tersebut dibeli dari perusahaan investasi yang mempunyai portofolio aset dari berbagai perusahaan. Perusahaan investasi tersebut mempunyai manajer investasi yang memiliki tugas untuk mengelolanya. 

Contoh bentuk dari investasi tidak langsung adalah seperti reksadana. Dengan melakukan investasi tidak langsung maka investor tidak perlu hadir secara fisik untuk ikut mengelola dan menganalisis sehingga pengambilan keputusan telah dilakukan oleh manajer investasi. Lalu apa sebenarnya hal yang menjadi kelebihan serta keuntungan yang akan didapatkan oleh investor dengan berinvestasi tidak langsung tersebut? 

Beberapa keuntungan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
  • Sebagai investor Anda hanya mengeluarkan sejumlah dana saja tidak harus ikut memikirkan tentang bagaimana pengelolaannya.
  • Semua kegiatan yang ada di dalam investasi telah diatur dan dilakukan oleh manajer investasi.
  • Investor tidak harus kerepotan mengurus saham maupun surat berharga yang dibelinya sebagai bentuk investasi.
  • Mudah untuk dicairkan sesuai dengan kesepakatan dan jenis investasi tidak langsung yang dimiliki oleh investor.


Kekurangan dan Risiko Investasi Tidak Langsung

Meskipun mempunyai kelebihan yang cukup banyak bagi investor namun investasi yang sifatnya tidak langsung tersebut juga harus dipertimbangkan resikonya maupun kerugiannya. Investor bisa saja mengalami kerugian serta resiko dari investasi tak langsung yang dilakukan tersebut, seperti disebutkan di bawah ini.
  • Risiko menanggung kerugian yang disebabkan oleh kegagalan pengelolaan dana oleh perusahaan investasi.
  • Jika terjadi kerugian baik oleh kegagalan pengelolaan perusahaan investasi ataupun dikarenakan oleh hal lainnya maka investor tidak bisa mengajukan gugatan.
  • Investor tidak memiliki hak untuk ikut serta dalam pengendalian dan kontrol pada semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan investasi.
  • Investor tidak bisa melakukan kontrol atas pengelolaan dana yang disetorkannya.

Oleh sebab itu sangat disarankan sebelum menyetorkan dana untuk penanaman modal atau investasi sebaiknya Anda mengetahui dengan jelas dulu apa yang menjadi risikonya.


Manfaat Melakukan Investasi Tidak Langsung

manfaat investasi tidak langsung
Jika ada pertanyaan mana yang lebih menguntungkan apakah investasi langsung atau tidak langsung jawabannya sebenarnya relatif. Maksudnya disini yaitu keuntungan tersebut tergantung serta dipengaruhi juga oleh kebutuhan dari investor itu sendiri. Namun walaupun demikian baik investasi langsung atau tidak langsung semuanya membawa manfaat bagi Anda sebagai investor. Apa sajakah manfaat yang dimaksud? 
  • Membantu Anda terhindar dari dampak inflasi.
  • Untuk meningkatkan dan menambah nilai uang Anda.
  • Sebagai sumber penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan.
  • Menjadi bentuk tabungan hari tua untuk menjamin kehidupan setelah memasuki masa pensiun.
  • Membantu Anda untuk tidak menghabiskan hidup dengan bekerja terlalu keras dengan adanya keuntungan dari investasi tersebut.
  • Bisa mencapai kemerdekaan secara finansial.
  • Menambah relasi serta wawasan Anda.
  • Melakukan investasi melatih Anda untuk bisa melakukan analisa serta mengambil keputusan terhadap suatu masalah.

Baik investasi secara langsung maupun investasi tidak langsung memang memiliki keuntungan serta kerugian masing-masing. Anda bisa memilih jenis investasi apa yang memang lebih sesuai dengan tujuan dan kebutuhan investasi Anda sendiri. Anda juga bisa berkonsultasi dengan pakar perencana keuangan dari Daya.id seputar investasi apa yang sesuai dengan profil risiko keuangan Anda. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Rudi haryono

01 Oktober 2021

Setuju

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

01 Oktober 2021

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS