Dirilis

19 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Istilah PO (Purchase Order) sangat sering digunakan dalam sebuah usaha, terutama usaha online. Pada dasarnya, purchase order adalah sebuah dokumen yang dibuat oleh pihak pembeli dengan tujuan memperlihatkan barang yang akan dibeli dari penjual. Purchase order juga bisa berupa kontrak tertulis berisi kesepakatan antara pembeli dan penjual barang.

Bagi sebuah perusahaan PO memiliki fungsi dan manfaat yang cukup penting karena berisi tentang detail berbagai informasi pembelian barang. Di dalam PO tersebut pihak pembeli sudah mencantumkan harga semua barang yang akan mereka beli dari penjual. Setelah PO diterima pihak penjual, mereka akan mempertimbangkannya apakah menyetujui atau tidak.

Perbedaaan Purchase Order dengan Invoice

perbedaan purchase order dan invoice
Mungkin selama ini Anda masih sering rancu antara PO dan invoice padahal kedua hal tersebut berbeda. PO adalah dokumen yang dibuat oleh pihak pembeli kepada penjual atau supplier sedangkan invoice sebaliknya. Setelah terjadi kesepakatan dan transaksi maka penjual akan mengirimkan dokumen kepada pembeli untuk pembayaran barang yang telah dibelinya.

Sehingga sederhananya bisa dikatakan bahwa invoice merupakan surat tagihan yang dibuat oleh penjual lalu dikirimkan kepada pembeli. Baik PO ataupun invoice keduanya merupakan dokumen yang sangat penting bagi perusahaan. PO dan invoice adalah dokumen yang harus dimasukkan ke dalam catatan arus kas perusahaan

Manfaat dan Fungsi Purchase Order

manfaat dan fungsi dari purchase order
Mengapa PO adalah salah satu dokumen yang sangat penting bagi sebuah perusahaan? Alasannya adalah karena PO memiliki fungsi dan manfaat yang urgen bagi perusahaan itu sendiri. Inilah beberapa manfaat dan fungsi dari purchase order

1. Menghindari Kemungkinan Adanya Penipuan

Zaman sekarang ini tindakan penipuan sudah semakin canggih saja seakan mengikuti tren teknologi. Termasuk dalam hal penawaran barang kepada perusahaan banyak pemasok atau supplier yang ternyata menipu. Jelas itu akan menimbulkan kerugian kepada perusahaan.  Melakukan pemesanan barang dengan menggunakan purchase order jelas lebih aman karena semuanya tertulis secara jelas. Baik perusahaan sebagai pembeli ataupun distributor sebagai penjual sama-sama mengetahui dengan jelas tentang harga barang yang akan dibeli.

2. Menentukan Harga Barang yang Tepat

Dengan membuat PO maka perusahaan bisa mendapatkan keuntungan secara tidak langsung. Penawaran kepada penjual mungkin akan diterima selama harganya memang sudah sesuai. Bukan hanya itu saja, kalau perusahaan membeli barang dengan jumlah yang banyak besar kemungkinannya akan diberikan harga diskon ataupun bonus. Kalau bisa mendapatkan harga barang dengan diskon tentu saja hal tersebut akan sangat menguntungkan perusahaan. Artinya secara tidak langsung perusahaan sudah menghemat anggaran.

3. Mengamankan Stok Barang

Membeli barang dengan purchase order akan membantu perusahaan mengamankan stok barang sehingga meminimalisir kemungkinan kehabisan persediaan dalam gudang. Ketika membuat PO tentunya Anda akan mengecek barang apa saja yang dibutuhkan termasuk juga jumlahnya. Dengan begitu tidak akan ada cerita barang habis di dalam gudang. 

Begitupun pihak penjual atau supplier biasanya mereka akan mengecek ulang barang apa saja yang dibutuhkan perusahaan. Setelah itu mereka akan menanyakan kapan pengiriman barang yang dicantumkan dalam PO harus dilakukan. Membuat purchase order atau PO akan memudahkan perusahaan untuk melakukan kontrol pada persediaan barang. Selain itu PO juga sangat bermanfaat untuk para pebisnis pemula untuk mengatur keuangan perusahaan. Biasanya mayoritas pebisnis pemula masih kebingungan catatan apa saja yang harus dibuat sebagai bagian dari pembukuan keuangan.

Dari informasi ini, dapat kita ketahui bahwa purchase order adalah sebuah dokumen yang dibuat oleh pihak pembeli dengan tujuan memperlihatkan barang yang akan dibeli dari penjual. Sistem purchase order ini memiliki manfaat untuk jalannya sebuah usaha dan sangat banyak digunakan untuk usaha online. Anda juga bisa berkonsultasi kepada business coach dari Daya.id seputar sistem purchase order yang ada dalam sebuah usaha. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS