Dirilis

05 Agustus 2022

Penulis

Adhiyat Thoriq

Beberapa tahun ini pinjaman online (pinjol) ilegal banyak memakan korban, dimana-mana. Tidak memandang umur dan status sosial, siapa saja bisa menjadi korban dari pinjaman online illegal, baik tua atau muda, pegawai swasta maupun pegawai negri, baik kaya maupun miskin, semua bisa menjadi korban.

Pemerintah sendiri sampai mengeluarkan aturan dan kebijakan terkait pinjaman online illegal. Pemerintah sebaik mungkin mencoba untuk melindungi hak-hak dari para korban. Mulai dari menyediakan jaringan khusus untuk pengaduan sampai kebijakan cara pembayarannya.

 

Coba Lakukan Ini untuk Lunasi Utang di Pinjaman Online Ilegal

Utang harus tetap dibayar. Bahkan ada agama yang menyatakan utang itu dibawa sampai mati. Walau utang yang Anda peroleh itu dari tempat yang tidak resmi atau pinjaman online illegal, tetapi walau bagaimanapun Anda telah menikmatinya. Jadi artinya, Anda sebaiknya sebisa mungkin berusaha untuk melunasinya

Baca juga: Utang Menumpuk, Lunasi dengan 6 Jurus Ini

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa menjadi alternatif yang bisa dilakukan untuk melunasi utang-utang Anda.

 

Manfaatkan Aset Untuk Bayar Utang

Jika Anda terjerat pada pinjaman online Ilegal, walau bagaimanapun, Anda harus berusaha melakukan pembayaran, karena penagihan utang atau kredit macet Anda ini tidak akan berhenti sebelum pembayarannya lunas. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan aset yang dimiliki untuk membayar utang. Anda dapat menjual aset yang dimiliki untuk melunasi utang-utang Anda. Mulailah dengan mencatat aset apa saja yang Anda miliki, mulailah dari aset yang paling mudah untuk diuangkan.

Beberapa Aset yang bisa diuangkan dan menjadi alternatif untuk pembayaran utang Anda diantaranya:

 

1. Emas

Selain sebagai perhiasan emas juga dijadikan investasi oleh banyak orang karena harganya yang relatif stabil dan tahan terhadap inflasi. Ada beberapa alternatif yang dapat digunakan dalam menjadikan emas menjadi uang tunai untuk pembayaran utang:
 

  • Melalui pegadaian. 
  • Melalui toko emas.


 

2. Kendaraan Bermotor

Apabila Anda memiliki mobil atau sepeda motor, barang-barang ini bisa menjadi alternatif berikutnya untuk menyelesaikan utang-utang Anda. Jangan khawatir tidak bisa berpergian apabila kendaraan bermotor Anda dijual, masih ada kendaraan umum yang bisa dimanfaatkan untuk mengantarkan Anda ketujuan seperti ojek online, bus umum atau bahkan kereta listrik. 

 

3. Properti

Memang tidak mudah menjual properti yang Anda miliki seperti rumah dan tanah, butuh waktu yang tidak sebentar. Tetapi dengan menjual properti, Anda akan mendapatkan uang tunai yang cukup besar untuk melunasi utang-utang Anda. 

 

Rencanakan Ulang Pembayaran Utang dan Tata Keuangan Anda

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan utang-utang Anda di pinjaman online ilegal adalah dengan melakukan perencanaan ulang terhadap utang dan keuangan Anda. Ada dua hal yang bisa dilakukan untuk perencanaan ulang ini, yaitu:

 

1. Lunasi utang dengan pinjaman baru yang sesuai dengan kemampuan Anda

Cobalah untuk mencari pinjaman baru dari bank/lembaga keuangan yang legal dan terdaftar di OJK. Gunakan dana tunai dari pinjaman ini untuk melunasi utang lama Anda. 

Agar masalah Anda tidak terulang lagi (gagal membayar cicilan di pinjaman online ilegal) maka harus dipastikan angsuran/cicilan dari pinjaman baru ini sudah sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. 

Ingat, sebelum mengajukan pinjaman baru, yang harus dilakukan adalah memeriksa kembali antara pemasukan dan pengeluaran Anda. Pastikan pemasukan Anda harus lebih besar dari pengeluaran, dan pastikan juga cicilan baru ini tidak mengganggu kebutuhan bulanan dan Anda memiliki cukup uang untuk membayar cicilan setiap bulan. Jangan sampai Anda seperti gali lubang tutup lubang karena ternyata tetap saja tidak bisa membayar cicilan yang disebabkan salah memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran bulanan yang dimiliki. 

Baca juga: Mau Pinjaman Online Tanpa Jaminan?

 

2. Menata kembali keuangan pribadi Anda

Untuk keuangan Anda sendiri cobalah untuk menatanya kembali, perhitungkan kembali berapa pemasukan dan berapa pengeluaran. Usahakan pemasukan Anda lebih besar dari pada pengeluaran. Cobalah semaksimal mungkin untuk menyisihkan uang membayar cicilan pinjaman Anda. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbesar pemasukan dan memperkecil pengeluaran adalah dengan:
 

  • Mengurangi pengeluaran bulanan dengan menjauhi gaya hidup konsumtif
  • Cari penghasilan tambahan yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda
  • Mulailah berhemat dengan mengutamakan kebutuhan daripada keinginan


Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melunasi utang Anda di pinjaman online Ilegal. Lakukan dengan disiplin dan konsisten. Jaga diri Anda jangan sampai tergoda dengan pinjaman online illegal lagi.

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan gaya hidup dapat mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

17 June 2023

Mantap?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS