Dirilis

12 Oktober 2023

Penulis

Adhiyat Thoriq

Usaha pasif adalah bisnis yang dapat menghasilkan pendapatan tanpa perlu banyak usaha atau yang biasa disebut passive income. Usaha pasif dapat menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang memiliki uang berlebih dan tidak terpakai untuk kebutuhan hidup sehari hari Anda.

Namun, penting untuk memilih usaha pasif yang sesuai dengan profil dan tujuan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih usaha pasif yang sesuai dengan profil dan tujuan:

 

Pertimbangkan Keterampilan, Pengalaman, dan Minat Demi Tercapainya Tujuan Passive Income Anda

Pilihlah usaha pasif yang memanfaatkan keterampilan, pengalaman, dan minat Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih bersemangat dan termotivasi untuk mendapatkan passive income.

Misalnya, jika Anda memiliki pengalaman di bidang investasi, Anda dapat memulai usaha pasif sebagai investor. Jika Anda memiliki minat di bidang properti, Anda dapat memulai usaha pasif sebagai investor properti.

 

Pertimbangkan Tujuan Keuangan Anda

Tentukan tujuan keuangan Anda sebelum memulai usaha pasif. Apakah Anda ingin menghasilkan menggantikan penghasilan utama Anda, atau mencapai kebebasan finansial dengan cara passive income?

Setelah mengetahui tujuan keuangannya, Anda dapat memilih usaha pasif yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut. Misalnya, jika Anda ingin mencapai kebebasan finansial atau passive income, Anda dapat memulai usaha pasif sebagai investor properti.

 

Contoh Usaha Pasif

Berikut adalah beberapa contoh usaha pasif yang dapat Anda pertimbangkan:

 

•    Investasi

Investasi adalah cara yang paling umum untuk menghasilkan pendapatan pasif. Ada berbagai jenis investasi yang dapat Anda pilih, seperti saham, obligasi, real estate, dan cryptocurrency.

Berikut adalah dua contoh usaha pasif yang cocok untuk Anda yang memiliki dana lebih dengan menggunakan investasi:

 

1.    Investasi saham

Investasi saham adalah cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan pasif dari dividen dan capital gain. Dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham, sedangkan capital gain adalah keuntungan dari penjualan saham dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli.

Contonya Anda dapat berinvestasi saham blue chip. Saham blue chip adalah saham dari perusahaan besar dan stabil yang membayar dividen secara teratur. Investasi saham blue chip adalah cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan pasif yang stabil.

Baca juga: Panduan Dan Cara Jual Beli Saham Agar Tidak Salah Ambil Keputusan

 

2.    Investasi obligasi

Investasi obligasi adalah cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan pasif dari kupon. Kupon adalah pembayaran bunga yang dilakukan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi.

Contohnya obligasi pemerintah. Obligasi pemerintah adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Obligasi pemerintah adalah investasi yang relatif aman, tetapi juga menawarkan suku bunga yang lebih rendah daripada obligasi swasta.

Usaha pasif yang menggunakan investasi dapat menjadi sumber pendapatan pasif yang besar bagi Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa cara ini juga membutuhkan usaha dan keterampilan untuk memilih investasi yang tepat dan mengelola investasi tersebut.

 

•    Sewa properti


Sewa properti adalah cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan pasif dari properti. Anda dapat membeli properti dan menyewakannya, atau Anda dapat berinvestasi dalam real estate crowdfunding.

Real estate crowdfunding adalah cara untuk berinvestasi dalam properti tanpa harus membeli properti secara langsung. Melalui real estate crowdfunding, Anda dapat berinvestasi dalam proyek properti bersama dengan investor lain.

Baca juga:  Panduan Jitu Dan Cara Menjadi Investor Sukses Yang Kaya Raya

Ada dua jenis real estate crowdfunding yaitu:

 

1.    Equity crowdfunding

Dalam equity crowdfunding, Anda membeli saham atau kepemilikan dalam proyek properti. Anda akan mendapatkan bagian dari keuntungan dari proyek tersebut jika proyek tersebut berhasil.
 

2.    Debt crowdfunding

Dalam debt crowdfunding, Anda meminjamkan uang kepada pengembang properti. Anda akan mendapatkan bunga dari pinjaman tersebut jika pengembang properti berhasil melunasi pinjaman tersebut.

Berinvestasi dalam real estate crowdfunding dapat menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan pasif dari properti. Namun, penting untuk diingat bahwa investasi ini juga memiliki risiko.

Dengan memilih usaha pasif yang sesuai dengan profil dan tujuan Anda, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan usaha pasif Anda.

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan gaya hidup dapat mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hendratno

18 October 2023

Keren

Balas

. 0

Hendratno

18 October 2023

Keren

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

13 October 2023

Bermanfaat

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS