Dirilis

09 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Kalau Anda adalah seorang pebisnis, maka penting untuk memahami bagaimana perilaku konsumen sehingga akan membantu mengembangkan usaha yang Anda miliki. Dengan ,mengetahui bagaimana konsumen akan mempermudah Anda untuk memberikan pelayanan yang terbaik sehingga mereka bisa puas. Menjaga kepuasan konsumen dan pelanggan adalah kewajiban bagi semua pelaku usaha untuk kemajuan usaha mereka.

Apakah yang Disebut Perilaku Konsumen Itu?

pengertian perilaku konsumen
Sebelum membahas lebih lanjut tentang perilaku konsumen Anda harus memahami dulu apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Secara mudah bisa dikatakan bahwa perilaku konsumen adalah segala hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan apakah dia akan membeli suatu produk atau tidak.

Contoh perilaku konsumen bisa dilihat ketika konsumen membeli sebuah barang. Umumnya, konsumen akan lebih mudah mengambil keputusan untuk membeli barang dengan harga yang murah. Sebaliknya ketika konsumen akan membeli barang yang harganya mahal biasanya mereka memikirkannya lebih lama. Nah, perbedaan itulah yang disebut sebagai perilaku konsumen.

Cara untuk Memahami Perilaku dari Konsumen

cara memahami perilaku konsumen
Bagaimanakah agar Anda bisa memahami perilaku dari konsumen produk Anda bisa dilihat di bawah ini.

1. Mengenali Siapa Konsumen Anda

Agar bisa menjual produk dengan omzet lebih tinggi Anda harus mengenali siapa konsumen Anda. Perlu diingat bahwa perilaku pembelian produk oleh konsumen di era digital saat ini mudah sekali mengalami perubahan. Konsumen kemungkinan besar akan memikirkan kembali untuk membeli sesuatu atau tidak.

Apa yang dimaksud dengan mengenali siapa konsumen Anda? Maksudnya adalah Anda perlu mengetahui demografi dan psikografis konsumen tersebut. Misalnya apakah konsumen itu wanita atau pria, single, menikah atau punya anak. Apakah konsumen sudah mempunyai rumah sendiri, apakah mereka senang rekreasi dan sebagainya. Selanjutnya Anda harus membuat definisi konsumen dari informasi yang bisa dikumpulkan sebanyak mungkin.

2. Mengenali Apa yang Diinginkan Konsumen

Anda juga harus tahu apa sebenarnya yang diinginkan oleh konsumen dari produk Anda tersebut? Kebutuhan dan keinginan konsumen ini menjadi hal yang paling mendasar dan penting dalam penjualan produk. Konsumen juga mungkin membutuhkan informasi, alternatif maupun solusi dari masalahnya.

Contohnya mungkin mereka menginginkan hunian modern yang cocok untuk keluarga kecil maka Anda bisa menyarakan apartemen di pinggiran kota. Atau konsumen ingin menjalani gaya hidup lebih sehat, Anda bisa menjual produk makanan organik kepada mereka.

3. Mengenali Bagaimana Persepsi Konsumen Terhadap Produk

Pertimbangkan juga bagaimana persepsi konsumen terhadap produk yang dibeli. Bisa saja sebenarnya produk Anda berkualitas tinggi namun karena faktor tertentu konsumen menjadi mempunyai persepsi yang berbeda.

Bagaimanakah cara untuk mengetahui bagaimana persepsi pelanggan pada produk Anda? Lakukan survei agar mendapatkan ulasan dan feedback dari konsumen. Setelah mengetahui bagaimana persepsi konsumen pada produk Anda maka bisa dilakukan penyesuaian. Tujuannya agar persepsi konsumen sama dengan yang Anda inginkan.

4. Memahami Jenis Konten yang Disukai oleh Konsumen

Sangat penting juga mengetahui jenis konten apa yang paling diterima dan disukai oleh konsumen Anda. Mungkin konsumen menyukai sebuah konten namun kurang menerima konten yang lainnya. Setelah mengetahuinya prioritaskan untuk menyediakan konten yang disukai oleh konsumen.

Anda bisa mengetahui konten apa yang disukai konsumen melalui banyaknya jumlah like/unlike, follow/unfollow dan sejenisnya. Lihat juga seberapa besar minat konsumen dalam menyikapi ajakan beraksi (Call to Action).

5. Menempatkan Diri Sebagai Konsumen

Tidak ada salahnya sesekali Anda menempatkan diri sebagai konsumen dari produk Anda untuk mengetahui dan lebih memahami perilaku mereka. Dengan begitu Anda bisa merasakan sendiri apakah pelayanan yang diterima oleh konsumen selama ini sudah bagus atau belum. Apakah proses pembelian oleh konsumen berjalan lancar atau tidak.

Itulah pengertian perilaku konsumen dan cara memahaminya. Memahami perilaku konsumen adalah hal yang penting untuk memajukan bisnis Anda. Sebab, konsumen yang merasa puas dengan produk dan pelayanan Anda akan menjadi lebih loyal sehingga omzet penjualan bisa tetap tinggi. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar perilaku konsumen atau tips mengenai usaha lainnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Rahmi Fadhila

30 November 2023

Informasinya sangat menarik

Balas

. 0

Ardhan Ashary Nasution

14 November 2023

Terima kasih informasinya sangat bagus 👍👍

Balas

. 0

Aliah Abdullah

09 Maret 2021

Nambah wawasan niy...thanks daya.id

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS