Dirilis

16 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu jenis iklan yang secara umum digunakan dalam promosi produk atau jasa adalah iklan penawaran. Secara definisi, iklan merupakan informasi yang isinya berupa ajakan bagi audiens melihat, memiliki serta menggunakan barang maupun jasa yang ditawarkan. Iklan dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya iklan penawaran. Seperti apakah maksudnya dan bagaimana proses pembuatannya? Mari kita simak pada pembahasan kali ini.

 

Macam dan Jenis Iklan

Untuk semakin memperjelas tulisan kali ini, ada baiknya jika kita pahami dulu macam dan jenis iklan, yaitu:

1. Berdasarkan Sifatnya:
  • Iklan Komersial
  • Iklan Layanan Masyarakat

2. Berdasarkan Ruang:
  • Iklan Baris
  • Iklan Kolom

3. Berdasarkan Jenis:
  • Iklan Penawaran
  • Iklan Permintaan
  • Iklan Pengumuman

Pengertian Iklan Penawaran

iklan penawaran
Iklan penawaran itu sendiri berarti iklan yang isinya merupakan ajakan untuk melakukan sebuah kerjasama kepada pembaca. Tentunya tujuannya adalah untuk menawarkan benefit kepada khalayak luas. Contohnya ialah iklan penawaran kerjasama, maupun penawaran barang dan jasa.

Dengan membuat iklan jenis ini, maka barang atau jasa yang kita tawarkan akan mudah untuk dikenali khalayak luas, terutama target tujuan iklan tersebut dibuat. Iklan jenis ini juga dapat dikatakan sebagai promosi dan media yang digunakannya adalah media promosi. Bisa cetak, elektronik, online maupun offline.

 

Cara Membuat Iklan Penawaran

pengertian iklan penawaran
Setelah memahami poin penting tentang iklan juga definisi dari iklan penawaran. Sekarang, saatnya kita pelajari kiat-kiat atau cara pembuatan iklan penawaran, seperti:

 

1. Membuat Judul Menarik

Iklan memang bertujuan untuk menarik perhatian, kan? Salah satunya dengan membuat judul maupun tema menarik pada iklan penawaran yang kita buat. Judul yang menarik dan unik juga akan menimbulkan rasa penasaran pada benak audiens.
Judul pun merupakan titik fokus dalam iklan penawaran yang disampaikan, jadi apa yang kita buat tidak akan melenceng dari maksud atau keinginan yang hendak disampaikan.

 

2. Tujukan Benefit atau Keuntungan

Dalam membuat iklan penawaran, tentu khalayak harus tahu apa keuntungan yang akan didapat dengan melakukan kerjasama dengan kita. Kemaslah pemaparan ini semakin baik dengan gaya bahasa atau copywriting yang membuat audiens merasa membutuhkan produk barang atau jasa yang dibutuhkan.
Dengan keuntungan yang dibuat semenarik mungkin tersebut, orang banyak akan merasa ingin memiliki atau setidaknya mencoba produk barang, jasa maupun penawaran lainnya yang kita tampilkan dalam iklan tersebut.

 

3. Memuat Informasi

Selain keuntungan, pastikan iklan tersebut memuat berbagai informasi pendukung yang sekiranya akan dibutuhkan oleh audiens. Hal ini juga dapat mendatangkan rasa yakin di pikiran mereka.
Tanpa adanya informasi yang jelas, iklan bisa saja menimbulkan kebingungan atau hanya dianggap angin lalu oleh khalayak. Sejalan dengan memunculkan benefit, informasi yang disampaikan pada iklan penawaran ini harus dibuat semenarik mungkin supaya target audiens merasa sulit untuk menolak apa yang kita tawarkan.

 

4. Call to Action atau Kalimat Ajakan

Berikan kalimat ajakan agar audiens melakukan sesuatu. Bagian ini menjadi penting, karena merupakan ujung tombak dari penawaran tersebut dan biasanya berada di penghujung kalimat ataupun iklan. Melalui cara ini, kita bisa melihat respon dari khalayak dan pastikan kontak kita sebagai pihak yang menawarkan harus tertera di sana.
Iklan terdiri dari beberapa kelompok juga jenisnya, dan salah satu yang cukup sering kita temui adalah iklan penawaran. Ternyata, seperti yang telah disampaikan pada pembahasan di atas, dalam membuat iklan tersebut, perlu dilakukan serangkaian cara untuk meyakinkan dan memberi informasi pada audiens supaya mau menerima penawaran yang diajukan.

Sebelum menggunakan iklan penawaran sebagai bagian dari teknik pemasaran yang dilakukan, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli digital marketing agar teknik yang Anda lakukan bisa berjalan lebih lancar dan efektif. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah.

 

Sumber:

Diolah berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

15 September 2023

Keren 👍👍

Balas

. 0

putra astaman

01 Januari 2023

Ok

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS