Dirilis

18 Desember 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Ada beberapa cara untuk membuat bisnis muncul dalam pencarian teratas di mesin pencarian Google. Salah satunya adalah dengan metode beriklan menggunakan SEM (Search Engine Marketing).

Berbeda dengan SEO (Search Engine Opimize), dimana listing Anda muncul murni karena optimalisasi konten, maka SEM adalah salah satu cara mengoptimalkan search engine dengan cara mengeluarkan sejumlah biaya beriklan pada Google agar listing Anda berada pada daftar teratas pencarian, dengan kata kunci yang telah ditentukan.

Caranya relatif mudah. Anda juga dapat membuatnya sendiri. Biayapun dapat disesuaikan dengan anggaran Anda.

Tidak punya anggaran iklan besar? Tidak masalah! Hanya dengan minimun Rp8.000 sampai Rp10.000 per hari, Anda sudah bisa beriklan di Google Search. Tentu saja, semakin besar anggaran yang bersedia Anda keluarkan, akan semakin besar pula potensi iklan Anda muncul di Google Search, setiap saat pencarian dengan kata kunci tertentu dilakukan.


Langkah Menjalankan SEM
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat agar iklan tampil di kolom iklan pada list pencarian Google, dengan menggunakan Search Engine Marketing.

1. Masuk ke akun Gmail Anda dan arahkan link ke Google Bisnisku. Kemudian di kolom pencarian browser, ketikkan ads.google.com/express maka Anda akan diarahkan ke laman utama pembuatan Google Ads seperti tampilan berikut




Klik tombol BUAT IKLAN untuk memulai pembuatan iklan Anda.

2. Kemudian akan masuk ke laman berikutnya, di mana Anda akan diminta memilih tujuan membuat iklan tersebut. Apakah untuk mendapatkan lebih banyak panggilan pelanggan baru, mendapatkan lebih banyak kunjungan ke toko fisik (jika ada), atau lebih banyak mendapatkan penjualan dan pendaftaran di situs usaha. Pilih yang paling tepat, sesuai kebutuhan.




3. Anda akan diminta memilih bisnis yang akan diiklankan. Secara otomatis Google akan melakukan link pada akun Google Bisnisku, sehingga mendapatkan bisnis Anda dalam list tersebut. Pilihlah, atau tambahkan bisnis baru jika diinginkan.  


4. Pada laman ini, Anda akan diminta untuk menentukan cakupan pelanggan yang diinginkan. Tuliskan area spesifik, sesuai dengan jangkauan layanan yang dimiliki. Jika sudah, selesaikan dengan menekan tombol Berikutnya.


 



5. Selanjutnya, Anda akan diminta mengisi beberapa data seputar produk dan layanan bisnis. Masukkan penggunaan bahasa yang diinginkan, tentukan kategori bisnis, dan buat beberapa kata kunci yang ingin dipromosikan agar saat orang melakukan pencarian di Google Search, iklan dapat ditampilkan. Pada laman ini, Anda dapat melihat boks di sebelah kanan yang menampilkan potensi audience yang bisa didapatkan dalam satu bulan.



6. Kini saatnya menuliskan iklan. Anda bisa membuat sendiri teks yang diinginkan, ataupun mengikuti contoh yang ditunjukkan Google.



Jangan lupa mencantumkan link iklan disambungkan ke alamat situs bisnis, agar orang dengan mudah menemukan bisnis Anda.

7. Di laman selanjutnya akan diminta menuliskan anggaran yang bersedia Anda keluarkan untuk beriklan. Harga yang dituliskan adalah besaran yang bersedia dibayarkan, setiap iklan mendapat klik dari pengunjung Google.  Cobalah menuliskan harga terendah terlebih dahulu dan mengubahnya kemudian.




Coba perhatikan 3 kolom boks sebelah bawah menunjukkan bagaimana cara kerja iklan dengan biaya yang telah dianggarkan tersebut.

Jika sudah, klik tombol Berikutnya.




8. Periksa kembali data-data yang telah dimasukkan. Jika ada yang ingin diubah, klik Edit yang tertera di bawah kiri masing-masing kolom. Jika sudah selesai, klik tombol Berikutnya.





9. Konfirmasikan pembayaran, alamat penagihan dan jenis pembayaran yang ingin dilakukan. Pembayaran dapat dilakukan secara otomatis pemotongan atau manual dengan mengisi sejumlah saldo tertentu yang akan dipotong setiap kali muncul tagihan. Cara pembayaran juga dapat dilakukan dengan kartu kredit ataupun dapat menggunakan transfer ke rekening milik Google.com. Jika sudah mengisikan pilihan pembayaran, klik Lanjut.

10. Jika memilih pembayaran dilakukan manual dengan metode transfer bank, maka akan tampil layar ini untuk Anda cetak.


 

Jika Anda menggunakan pembayaran menggunakan kartu kredit, maka akan muncul tampilan pengisian data yang diperlukan.




11. Setelah selesai mengisi data akan masuk ke laman selanjutnya, maka pendaftaran Anda telah selesai. Di hadapan Anda, muncul tampilan Kampanye dengan sejumlah kolom yang menunjukkan performa iklannya. Kolom ini nantinya yang akan jadi panduan didalam melihat bagaimana iklan bekerja, berapa jumlah riil dari hasil yang didapatkan dan lain sebagainya.

Dengan memasang iklan di Google Search mengunakan teknik SEM, Anda dapat memantau dengan mudah hasil yang diperoleh seperti berapa banyak kunjungan yang didapatkan setiap hari, analisis pergerakan pengunjung situs, media yang digunakan untuk mengakses situs dan lain sebagainya. Manfaatkan hasil analisa ini, untuk mengembangkan lagi bisnis dan sesuai dengan tuntutan pasar. Misalnya jika pengunjung yang mengakses website menggunakan smartphone, maka Anda boleh mulai mengembangkan website mobile yang lebih mudah untuk diakses pengguna telepon genggam. Selamat mencoba!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS