Dirilis

20 September 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Digital marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang bisa digunakan para pelaku bisnis dengan memanfaatkan teknologi. Seperti yang kita tahu, perkembangan teknologi memang berjalan sangat pesat. Berbagai teknologi tersebut jika dimanfaatkan secara maksimal, bisa memberikan manfaat besar termasuk untuk pelaku bisnis. Lalu, apa saja fungsi dan cara kerja dari digital marketing itu? 

 

Pengertian Digital Marketing  

Digital marketing adalah metode ataupun strategi promosi suatu produk atau jasa menggunakan media digital. Aktivitas digital marketing tidak hanya melalui iklan yang ditayangkan di televisi atau radio saja, melainkan sudah merambah ke internet. Jika dulu internet hanya digunakan untuk komunikasi, saat ini keberadaannya juga dimanfaatkan untuk media promosi.

Keberadaan internet membuat cakupan semakin luas. Tidak mengherankan jika kemudian pelaku bisnis banyak yang memanfaatkannya untuk media promosi. Dalam digital marketing, ada beberapa aset yang dimiliki, seperti blog, website, akun media sosial, company profile dan juga testimonium pelanggan. 

 

Fungsi Digital Marketing 

Berikut ini beberapa fugsi digital marketing:

 

1. Menghubungkan Pelaku Bisnis dengan Konsumen

Digital marketing dilakukan dengan menggunakan media yang terhubung secara langsung dengan konsumen. Meski satu sama lain belum saling mengenal tetapi teknologi digital marketing memungkinkan pelaku bisnis untuk melakukan komunikasi dengan konsumen sehingga bisa menjadi lebih dekat.  

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa sekarang digital marketing sangat diminati. Konsumen atau pelanggan menjadi salah satu hal penting yang mempengaruhi kesuksesan bisnis. Maka dari itu, membangun hubungan dengan konsumen sangatlah penting untuk dilakukan.  

2. Menghemat Biaya Promosi 

Melakukan promosi dengan digital marketing sangat murah dan ekonomis sehingga bisa menghemat biaya promosi. Strategi marketing dengan media internet jauh lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan cara konvensional, seperti baliho, brosur, atau membuat iklan di radio maupun televisi. Bagi Anda yang baru saja membangun bisnis sebaiknya menggunakan digital marketing untuk promosi.

3. Membantu Meningkatkan Penjualan 

Fungsi digital marketing selanjutnya yaitu untuk membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa. Ini dikarenakan digital marketing bisa menjangkau lebih banyak konsumen karena akses digital marketing bisa menjangkau seluruh wilayah yang terkoneksi dengan jaringan internet. Tentu ini akan memberikan dampak yang cukup besar pada penjualan yang meningkat.

4. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas 

Dengan jangkauan pasar yang lebih luas berarti membuat bisnis yang dijalankan bisa dikenal di berbagai wilayah. Kondisi ini tentunya akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Perlu Anda ketahui bahwasanya mayoritas konsumen akan mencari informasi mengenai suatu produk atau layanan sebelum membelinya. Maka dari itu, suatu usaha atau bisnis harus menerapkan digital marketing

 

Cara Kerja Digital Marketing

Berikut ini beberapa cara digital marketing:


1. Media Sosial sebagai Lapak untuk Bisnis Digital Marketing 

Media sosial tidak hanya bisa digunakan untuk komunikasi saja, akan tetapi bisa dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran digital marketing. Media sosial yang bisa digunakan seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Perlu diketahui jika media sosial menjadi salah satu cara promosi yang bisa langsung tertarget serta interaktif. Jika media sosial dimanfaatkan dengan tepat maka bisa meningkatkan penjualan dan juga keuntungan.



2. Pemasaran Digital Marketing Bisa Dimulai dari Google

Google merupakan Search Engine yang banyak digunakan oleh banyak orang. Dimana Google keberadaannya sangat penting dalam menjalankan usaha SEO (Search Engine Optimization) pada mesin pencari. SEO itu sendiri biasanya digunakan untuk menjadikan website atau situs supaya bisa ditemukan dalam halaman awal yang paling pertama pada mesin pencari Google. Supaya SEO bisa berjalan lancar maka harus menentukan kata kunci yang tepat. 



3. Memiliki Konsep Content Marketing yang Menjual 

Content marketing dibutuhkan untuk membantu Anda dalam membangun brand dan juga kepercayaan terhadap bisnis dan perusahaan. Sebuah penelitian menunjukkan jika 6 dari 10 konsumen mengakui bahwasanya setelah membaca publikasi konten akan merasa lebih percaya kepada suatu perusahaan. Dari sini sudah diketahui bahwa content marketing memiliki pengaruh yang besar sehingga harus menyuguhkan content marketing yang menarik dan menjual.



4. Target Pemasaran

Terakhir, cara kerja digital marketing adalah target pemasaran. Saat menggunakan digital marketing Anda harus memilih target. Tujuannya yaitu untuk mengkoordinasi beberapa situs dan juga tempat yang paling sering dikunjungi oleh para konsumen Anda. 



Dari informasi ini, bisa diketahui bahwa digital marketing adalah strategi promosi yang memanfaatkan teknologi internet untuk meningkatkan penjualan sebuah produk atau jasa. Para pelaku usaha bisa menggunakan strategi ini agar usaha yang dimiliki semakin dikenal luas. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing dari Daya.id untuk implementasi digital marketing pada usaha Anda selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!      

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Mustika Febria belima

07 November 2021

Mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS