Dirilis

02 Maret 2024

Penulis

Aliah Abdullah

Perubahan teknologi yang begitu cepat dan ketidakpastian ekonomi telah memberikan dampak ke berbagai bidang, termasuk bisnis. Situasi ini memacu bisnis untuk juga beradaptasi dengan cepat. Salah satunya adalah adaptasi dan inovasi strategi pemasaran yang merupakan kunci agar bisnis terus berkembang, tetap relevan dan secara efektif bisa memenuhi kebutuhan audiens B2B (Business to Business), dan tentunya tetap menghasilkan keuntungan.
Seperti apa strategi pemasaran yang dimaksud? Di bawah ini penjelasannya untuk Anda.

 

5 Tren Pemasaran B2B Menggunakan Teknologi dan Kreativitas

Situs web jaringan profesional LinkedIn resmi merilis proyeksi lima tren pemasaran B2B yang melibatkan teknologi dan kreativitas, serta diharapkan bisa membimbing para profesional marketing melewati tantangan di masa depan, khususnya tahun 2024. Matt Tindale, Head of Enterprise APAC, LinkledIn Marketing Solutions, memberikan pandangan mendalam mengenai evolusi strategis yang diantisipasi di tengah pesatnya pertumbuhan transformasi kecerdasan buatan, artificial intelligence (AI) terkait 5 tren pemasaran B2B di tahun 2024 dalam uraian berikut ini.

 

  1. Chief Marketing Officer (CMO) mengutamakan perbaikan pada pengukuran kerangka bisnis

Dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi, para CMO di tahun akan memusatkan perhatian pada perbaikan pengukuran kerangka bisnis. Hal ini sebagai upaya untuk terus membuktikan dampak pekerjaan mereka pada matriks penjualan, dengan ujicoba menggunakan alat pengukuran baru seperti laporan atribusi pendapatan LinkedIn dan CMO Scorecard.


 

  1. Marketer menyeimbangkan brand dan permintaan untuk mendorong pertumbuhan bisnis

Misalnya, menerapkan prinsip aturan anggaran dengan komposisi 60/40 atau mengusulkan alokasi anggaran sebesar 60 persen untuk pemasaran brand, dan 40 persen sisanya untuk pemasaran permintaan sebagai pendekatan baru terhadap pelanggan.

 

  1. Memaksimalkan AI untuk mempercepat pertumbuhan para marketer. 

Kehadiran artificial intelligence (AI) telah meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap  AI generatif, dan juga menyederhanakan proses bisnis dengan mengotomatisasi tugas-tugas bisnis rutin dan berulang seperti administrasi terkait pemasaran, sehingga bisnis bisa menghemat waktu dan biaya operasional.

Contoh lainnya, chatbot AI bisa digunakan untuk layanan pelanggan 24/7. Chatbot AI bisa menjawab pertanyaan, menyelesaikan masalah umum, dan mengarahkan pelanggan ke layanan yang cepat dan tepat tanpa perlu menunggu lama. Layanan cepat bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

  1. Kehadiran AI meningkatkan ketrampilan tim pemasaran  

Era AI telah mendorong manusia untuk meningkatkan ketrampilan pemasaran, mulai dari memecahkan masalah terkait pemasaran, sampai dengan menciptakan kreatifitas mencari solusi permasalahan atau memasarkan produk. Oleh karena itu, diproyeksikan ke depannya makin banyak masyarakat yang tertarik mempelajari hal-hal terkait bisnis dan AI. Hal ini akan membentuk tim pemasaran yang kuat. tangguh dan gesit di masa depan.  

 

  1. Perusahaan B2B Diperoyeksikan Membuat Brand yang Otentik dan Relevan dengan Kebutuhan di Era Saat ini

Perusahaan B2B diharapkan bisa meningkatkan upaya untuk memperkuat brand mereka agar lebih otentik dan relevan dengan kebutuhan di era saat ini. Mereka bisa melibatkan penggabungan kreativitas, emosi, video bahkan humor untuk memperkuat brand bisnis mereka.

Baca juga: Teknologi Masa Depan yang akan Berguna bagi Bisnis Anda

AI juga bisa membantu para profesional marketing untuk membuat beragam laporan yang terstruktur dan disesuaikan dengan metrik masing-masing. Data yang dihasilkan juga akurat karena minim kemungkinan error-nya. 

Itulah gambaran tren pemasaran online B2B di tahun 2024 dengan mengedepankan teknologi yang berguna untuk kemajuan bisnis. 

Jika Anda adalah seorang profesional marketing, Anda perlu mencari tahu perkembangan tren pemasaran ke depannya mengingat teknologi akan terus berkembang. Anda perlu beradaptasi dengan teknologi pemasaran agar bisnis yang Anda jalankan tetap relevan.  Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar tren pemasaran online untuk mengadopsi bisnis Anda, atau Anda ingin mengetahui AI dan cara menerapkannya, Anda bisa tanyakan ke ahlinya melalui fitur Tanya Ahli yang ada di website daya.id. 

Cara mendaftar ke website ini mudah sekali. Cukup klik website www.daya.id dan segera daftarkan diri Anda. Pendaftaran di website ini gratis lho!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Fando hari susetyo

05 Maret 2024

๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS