Dirilis

12 April 2023

Penulis

Khalid Hafizh Sulaiman

Ketika Anda mendengarkan iklan Marjan di televisi, bisa jadi itu pertanda Bulan Ramadan sudah dekat. Ya, situasi itu sudah cukup melekat di benak sebagian penonton televisi. Oleh karena itu Marjan masuk ke dalam brand top of mind di Indonesia. 

Keberhasilan ini tak lepas dari teknik Marjan yang sukses membuat Anda merasa bahwa Bulan Ramadan telah dekat ketika sudah mendengar iklan Marjan. Oleh karena itu Marjan selalu dikenal  identik dan selalu dikaitkan dengan Ramadan. 

Teknik apakah yang dilakukan oleh Marjan, sehingga bisa menjadi brand top of mind di Indonesia? Yuk kita simak penjelasannya!

 

Strategi Seasonal Marketing Marjan

Menjadi brand top the mind merupakan sebuah keberhasilan dari strategi marketing Marjan dalam meningkatkan brand awareness produknya kepada masyarakat. Hal ini dilakukan dengan membuat iklan yang ditayangkan pada saat Bulan Ramadan dan menjelang lebaran. Strategi marketing yang dilakukan oleh marjan dikenal dengan teknik seasonal marketing

Teknik seasonal marketing adalah strategi yang diterapkan oleh produk untuk menggencarkan promosi pada musim-musim tertentu. Brand-brand berfokus memaksimalkan promosi pada momentum tersebut karena dianggap brand tersebut paling banyak dicari pada saat itu. 

Dalam hal ini Marjan sebagai produsen sirup tertua di Indonesia  memanfaatkan momentum puasa dan menjelang lebaran sebagai waktu yang tepat bagi mereka dalam melakukan promosi dalam menjual dan memasarkan produk mereka. Marjan melakukan promosi dengan membuat iklan yang menarik dan out of the box pada momen menjelang ramadhan yang dilakukan secara rutin dan terus menerus setiap tahunnya. 

 

Iklan Dengan Konsep yang Menarik

Marjan membuat iklan dengan tema yang out of the box dan tidak pernah terpikirkan oleh produk lain yang sejenis. Hal ini dilakukan rutin setiap tahunnya.

Contohnya saja pada tahun 2019, iklan Marjan sempat viral karena mengangkat tema cerita rakyat Timun Mas dengan Buto Ijo. Iklan tersebut menuai reaksi positif dari masyarakat. Pada tahun 2023 ini Marjan membuat iklan dengan tema Baruna Sang Penjaga Samudra. Berbeda dengan sebelumnya pada tahun ini Marjan berinovasi dengan menggunakan sinematografi yang keren dan disertai efek CGI seperti pada film layar lebar. Hal ini mendapat perhatian yang baik dari masyarakat dan meningkatkan brand awareness dari Marjan itu sendiri. 

Selain memiliki tema yang out of the box, Marjan selalu mempertahankan konsep iklan yang bersambung (serial advertising) yang selalu dipertahankan sampai sekarang. Hal ini bertujuan untuk untuk menarik perhatian dan minat konsumen dengan cerita tersebut, sehingga membangun hubungan emosional yang kuat antara Marjan dengan para konsumennya. Iklan yang menarik dan out of the box ini mendukung strategi seasonal marketing Marjan. 

 

Cara Menerapkan Strategi Seasonal Marketing Bagi Para UMKM

Berikut ini cara menerapkan strategi seasonal marketing.

 

1.    Meningkatkan Kualitas Produk

Strategi utama yang harus Anda terapkan untuk menerapkan strategi seasonal marketing adalah meningkatkan kualitas produk Anda. Kualitas produk yang baik dan konsisten akan membuat brand Anda dikenal secara positif oleh pelanggan. Apalagi ketika Anda rajin berinovasi dengan menawarkan produk baru dengan kualitas yang terbaik.

Contohnya Marjan selalu meningkatkan kualitas produk dan selalu berinovasi dengan mengeluarkan produk dengan rasa-rasa baru. 

 

2.    Memahami Target Pelanggan secara Spesifik


Anda harus memahami secara menyeluruh tentang target pelanggan Anda dengan spesifik. Hal ini memiliki peran penting dalam mensuksesan kampanye pemasaran yang Anda lakukan. Pemahaman menyeluruh tentang kebutuhan pelanggan dapat membantu Anda untuk lebih memahami target pasar Anda. Sehingga, Anda dapat menyediakan produk khusus yang tidak ada pada kompetitor.

Contohnya, Marjan dapat memahami dengan tepat kebutuhan dari pelanggan mereka dengan membuat sirup bermacam varian. Hal tersebut tentu dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang belum ada pada produk lain yang sejenis.

 

3.    Cari Momentum yang Tepat

Mencari momentum yang tepat merupakan salah satu strategi yang harus anda lakukan dalam melakukan strategi seasonal marketing. Dalam melakukan seasonal marketing Anda harus memilih momen yang tepat untuk melakukan kampanye pemasaran. Jangan Anda sampai terlambat dan kalah saing dengan kompetitor sehingga kehilangan momen di pasaran. 

Contohnya, Marjan selalu memanfaatkan momentum Ramadan dan menjelang lebaran untuk melakukan kampanye pemasaran produk.

 

4.    Mempersiapkan Kampanye Pemasaran dari Jauh-jauh Hari

Anda bisa mempersiapkan kampanye pemasaran dari jauh-jauh hari pada momen-momen spesial yang sudah tau tanggal. Seperti momen puasa, lebaran, natal dan momen-momen spesial lainnya. Sehingga, Anda Bisa mempersiapkan penawaran apa yang ingin Anda buat, diskon apa yang akan Anda terapkan, bahkan merancang konten marketing apa yang akan Anda buat. Ketika Anda sudah menyiapkannya dari jauh jauh hari, persiapan yang Anda lakukan bisa lebih matang.

Contohnya Marjan telah merancang segala strategi yang akan mereka lakukan jauh-jauh hari. Mereka memikirkan konsep iklan jauh sebelum ramadhan akan datang. 

 

5.    Konsistensi

Konsistensi adalah kunci utama bagi Anda untuk sukses dalam melakukan strategi seasonal marketing. Brand Anda akan dilihat ketika Anda selalu konsisten dalam menawarkan Brand Anda melalui iklan yang Anda buat. 

Contohnya, Marjan selalu konsisten dalam melakukan promosi pada saat Bulan Ramadan menjelang lebaran. Konsistensi yang dilakukan Marjan dalam melakukan promosi membuat Marjan sukses dalam menjalankan seasonal marketing mereka.

Sudahkan Anda menerapkan strategi seasonal marketing dalam usaha Anda? Jika belum Cara-cara di atas bisa Anda terapkan ketika anda akan melakukan strategi seasonal marketing

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

13 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Arip Gustaman

18 Maret 2024

Mantapzzz

Balas

. 0

Sugiwarno

08 Juni 2023

Oke nih

Balas

. 0

Sholikin

07 Juni 2023

The best marketing

Balas

. 0

Mira Tania

29 Mei 2023

Mantap

Balas

. 0

Dara Andini Apefha

28 Mei 2023

Marjan memang marketingnya mantap!

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS