Dirilis

09 Oktober 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Tampak menyenangkan dan dinamis, menjadi Event Organizer (EO) ternyata tidak seindah yang dibayangkan. Dilansir dari situs careercast.com, menjadi koordinator penyelenggaraan acara termasuk ke dalam 10 pekerjaan dengan tingkat stres tertinggi.

Menangani proyek penyelenggaraan acara memang sarat tantangan. Anda harus berhadapan dengan keinginan klien sekaligus mengkoordinasikan kelompok kerja dalam waktu relatif singkat. Tak salah apabila untuk menjadi EO yang sukses, ada karakter-karakter yang perlu Anda kembangkan. Berikut ini adalah beberapa karakter yang patut Anda bangun untuk meraih keberhasilan sebagai EO.

1. Perencanaan jauh ke depan
Anda perlu membuat perencanaan dengan rinci mengenai segala aspek acara. Tidak hanya itu, kepala Anda harus bisa memprediksi segala masalah yang mungkin terjadi dan bagaimana solusi yang mungkin dieksekusi jika problem tersebut betul-betul datang. Singkat kata, Anda mampu menangkap gambaran secara garis besar, namun juga tak melewatkan detil terkecil. Semakin lengkap perencanaan, Anda pun memiliki kesiapan untuk melalui hambatan-hambatan yang mungkin muncul sepanjang penyelenggaraan.

2. Pelihara semangat
Apa yang mampu membuat Anda terus maju, meskipun pekerjaan Anda dihadapkan pada banyak tekanan? Salah satu faktor terkuat seseorang untuk terus bertahan pada pekerjaannya adalah passion. Semangat yang terpelihara akan membuat ide-ide cemerlang lancar mengalir dari benak Anda. Anda mencintai pekerjaan ini dan terus berusaha menjadi lebih baik di setiap harinya. Semua itu adalah manifestasi dari passion membara dalam menjalankan profesi EO ini. Energi Anda akan menular kepada tim, sehingga mereka terpacu untuk menunjukkan produktivitas demi kesuksesan acara.

3. Tenang di bawah tekanan
Panik adalah ekspresi terakhir yang timbul dalam emosi seorang EO. Dengan rencana kerja yang ada hingga ke rincian terkecil, Anda sepatutnya tetap menjaga ketenangan diri. Apabila terjadi sesuatu di luar kendali Anda, sikapi dengan senyum tanpa kehilangan kesabaran. Saat Anda menguasai emosi dan logika, Anda pun lebih luwes berimprovisasi mencari jalan keluar masalah. Ketenangan Anda juga akan memberi keyakinan kepada rekan-rekan satu tim untuk turut optimis ketika menghadapi masalah.

4. Pendengar yang baik
Kunci komunikasi berkualitas diawali dengan mendengarkan klien dan rekan kerja Anda. Anda memahami setiap keinginan dan kebutuhan, sebelum menyesuaikan dengan kondisi sumber daya yang tersedia. Trik mendengar yang baik beriringan dengan empati, tidak mengambil kesimpulan terburu-buru, fokus mencari solusi, alih-alih menilai dan menghakimi. Dengan demikian, lawan bicara Anda pun merasa nyaman dan kepercayaan pun terbangun dengan baik.

5. Si supel yang fleksibel
Berhadapan dengan berbagai jenis kepribadian baik klien dan rekan-rekan kerja, menempatkan EO sebagai pekerjaan yang membutuhkan fleksibilitas tinggi dalam aspek interaksi sosial. Anda wajib memiliki kemampuan negosiasi, tanpa meninggalkan pembicaraan sesuai tata krama dan sesekali ringan melempar senyum serta humor segar. Ingatlah selalu, dalam bisnis EO, hubungan baik adalah aset dan investasi berharga.

Menempa mental baja EO bukan proses instan, namun perlu pengalaman. Miliki mentor-mentor yang dapat Anda gandeng untuk “dicuri ilmunya”. Jam terbang akan membentuk kekuatan dan memoles reputasi Anda menjadi EO yang handal. Semoga sukses membangun jalan Anda menjadi EO berkualitas!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS