Dirilis

21 Maret 2023

Penulis

Khalid Hafizh Sulaiman

Isu resesi ekonomi yang akan terjadi pada tahun 2023 menjadi topik hangat yang sedang diperbincangkan oleh banyak kalangan, mulai dari anak muda hingga dewasa. Hal ini membuat para pelaku usaha yang akan memulai start up menjadi takut untuk memulai usaha dan khawatir akan keberlangsungan usahanya nantinya. 

Setiap permasalahan pasti ada solusinya, begitu juga dengan hal ini. Banyak jenis usaha yang bisa anda lakukan dan cocok untuk menghadapi resesi ekonomi 2023 ini. Pada artikel ini kita akan membahas  beberapa usaha yang cocok untuk menghadapi resesi ekonomi 2023.

Berikut trend usaha yang bisa anda lakukan untuk menghadapi resesi 2023:

 

1.    FnB


Bisnis FnB merupakan bisnis yang terus berkembang dan bahkan tidak akan pernah mati ditelan zaman. Peminat yang selalu ada dan tetap membuat bisnis ini bisa bertahan dalam waktu yang lama. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis FnB mulai dari jualan makanan kecil-kecilan melalui online, buka toko sendiri, ataupun melakukan bisnis secara franchise.

 

2.    Bisnis Produk Digital

Produk digital merupakan produk yang ada dalam bentuk digital dan tidak ada bentuk fisiknya seperti aplikasi, website, software dan produk digital lainnya. Bisnis ini cocok bagi anda yang memiliki keahlian dalam bidang IT dan akan tahan terhadap resesi 2023. 

 

3.    Reseller Produk

Tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha. menjadi reseller dan dropshipper merupakan peluang bagi anda yang tidak cukup modal dalam menjalankan bisnis. Anda bisa melakukan penjualan tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak.

 

4.    Bisnis Affiliate

Bisnis yang akan berkembang ke depannya walaupun terjadi resesi yaitu bisnis affiliate. Affiliate merupakan bisnis yang memberi anda komisi untuk menawarkan dan menjualkan produk, layanan, atau website. Bentuk bisnis afiliasi adalah berupa penggunaan link referral yang biasanya disampaikan melalui konten konten di TikTok, Shopee, Instagram, hingga website. Bisnis affiliate ini cukup bermodalkan ponsel, dan kreativitas anda untuk mengedit konten supaya orang yang melihat tertarik berbelanja di link yang anda bagikan tersebut. 

 

5.    Content Creator

Untuk menjadi seorang content creator dibutuhkan kreativitas yang sangat tinggi. Usaha ini diprediksi akan booming di tahun kelinci air ini a.k.a tahun 2023. Bagi anda yang ingin meraih cuan dan suka bermain di social media cocok untuk memulai usaha ini. Berbagai produk dari brand terkenal, rumah produksi, dan perusahaan industri banyak yang membutuhkan. Seperti endorsement, adsense, dan pembuatan video iklan lainnya.

 

6.    Budidaya Pertanian

Ada beberapa usaha di bidang pertanian yang bisa anda lakukan, seperti ternak ayam, ternak ikan, budidaya ikan hias, hingga budidaya sayuran hidroponik dan tanaman bisa menghasilkan keuntungan. Usaha di bidang pertanian akan selalu tahan terhadap goncangan apapun terutama terhadap resesi 2023.

 

7.    Usaha aksesoris handphone

selanjutnya ide bisnis yang tahan terhadap resesi selanjutnya adalah menjual aksesoris handphone. setiap orang di indonesia pasti memiliki handphone. Maka dari itu anda bisa menjual aksesoris handphone seperti casing hp, tempered glass hp, tempelan gurita, gantungan handphone dan berbagai aksesoris lainya. Usaha ini bisa dilakukan secara online maupun offline dan tentunya usaha ini tentu akan tahan terhadap gejolak resesi ekonomi 2023. 

Isu resesi ekonomi 2023 tidak menjadi halangan bagi anda yang akan memulai start up pada tahun ini. Namun isu resesi ekonomi 2023 bisa menjadi salah satu peluang bagi anda untuk memulai usaha. Ide bisnis di atas bisa menjadi referensi anda untuk memulai usaha. Bagaimana, sudah siap menjalankan usaha pada tahun ini? 

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ferri kurniawan

24 Maret 2023

👍

Balas

. 0

Hendratno

24 Maret 2023

WooW Keren

Balas

. 0

Hendratno

24 Maret 2023

WooW Keren

Balas

. 0

Liswari

22 Maret 2023

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS