Dirilis

02 November 2020

Penulis

Ferina Giovanca

Sebagai seorang sales executive, kepribadian Anda bisa sangat menentukan proses penjualan, yaitu ketika Anda bertemu calon customer. Kepribadian Anda sebagai seorang sales atau yang biasa disebut sales personality, merupakan hal yang wajib dipunya tim sales untuk menunjang efektifitas penjualan.

Walaupun produk yang ditawarkan sangat menarik, jika dilakukan oleh seorang sales executive yang kurang cakap, maka penjualannya tidak akan maksimal. Sedangkan, jika produk yang ditawarkan kurang menarik namun dilakukan penjualan oleh sales executive yang mumpuni, bisa saja produk tersebut akan laku dipasaran.

Nah, kepribadian seperti apa sih yang seharusnya Anda miliki? 

Pada dasarnya ada 5 sales personality yang harus dimiliki :
  1. Menyenangkan (Engaging Personality)
  2. Meyakinkan (Assuring Personality)
  3. Berwibawa (Compelling Personality)
  4. Dinamis (Dynamic Personality)
  5. Ingin tahu (Curiousity Personality)
Yuk, kita simak beberapa kepribadian yang dapat membuat Anda menjadi sales executive unggulan
 

Kepribadian Menyenangkan/Engaging Personality

Kepribadian menyenangkan dapat terlihat dari raut muka yang menyenangkan, senyum tulus, cara berbicara santun, dan tindakan yang menghargai orang lain.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan kepribadian menyenangkan:

1. Self Confidence

Sikap percaya diri, dapat membantu Anda sebagai seorang sales, dalam menjalankan hari dan melakukan penjualan dengan semangat. 

Sikap tubuh yang dapat menunjukkan Anda sebagai orang yang percaya diri antara lain:
  • Kepala tegak, 
  • Berdiri tegak, 
  • Melakukan gerakan dengan telapak tangan ke atas, 
  • Kontak mata yang terjaga, 
  • Jarang mengeluarkan kata “…mmm….,” atau istilahnya filler,
  • Tampak fokus pada isi pembicaraan calon konsumen/pelanggan.

Percaya diri dapat dibangkitkan dengan cara berlatih. Mulailah melatih diri Anda dengan cara yang paling gampang, yaitu dengan berlatih berbicara menawarkan produk di depan kaca dengan penuh percaya diri. 

Apabila percaya diri Anda mulai meningkat, cobalah berlatih dengan menawarkan produk Anda di depan teman dan keluarga, lalu minta masukan dari mereka tentang kekurangan yang dapat Anda perbaiki. Ulangi terus sampai rasa percaya diri Anda meningkat.

2. Murah Senyum

Mungkin tedengar mudah, tetapi dalam prakteknya masih banyak yang sulit untuk tersenyum dengan tulus. Apalagi saat berada di kondisi yang berat, capek, ataupun tertekan. 

Dengan berusaha selalu tersenyum, konsumen akan lebih nyaman saat berinteraksi dengan Anda. Dan hal ini, dapat membantu Anda untuk menaikkan mood saat berada di kondisi yang berat.

Belajarlah melakukan senyum secara alami, bukan senyuman palsu. Senyuman yang alami, tidak hanya terletak di mulut. Tapi, juga tercermin lewat mata yang berbinar. 

Senyum alami, biasanya dilakukan dengan mulut terbuka yang menyuarakan kehangatan dan daya tarik. Mereka yang tersenyum palsu biasanya mengerutkan bibir dan juga mengatupkan gigi. Bahkan mata mereka tidak selaras dengan senyuman yang hendak dipancarkan. 

Bagaimana caranya agar Anda dapat memiliki sifat murah senyum? Mulailah berlatih untuk tersenyum pada diri Anda sendiri di depan kaca, apabila Anda merasa senyum Anda tidak enak dilihat, ulangi lagi sampai Anda tahu senyum mana yang terbaik untuk Anda. Ingat bahwa konsumen atau pelanggan Anda, adalah orang yang menggaji Anda. Jadi tersenyumlah dengan orang-orang yang menggaji Anda. 

Selain itu Anda juga dapat berlatih dangan selalu tersenyum pada orang-orang di sekitar Anda.

3. Pengendalian Diri

Mengendalikan diri merupakan hal penting saat Anda berbeda pendapat dengan calon konsumen. Ciri-ciri sales yang mampu mengendalikan diri antara lain:
  • Masih bisa bersikap baik ketika mengalami penolakan-penolakan dari konsumen.
  • Masih bisa bersikap tenang meski di bawah tekanan.atau mendapat perlakukan kurang menyenangkan dari konsumen.

Maka sebagai sales, Anda tidak boleh beradu argumentasi secara berlebihan, tetapi selalu belajar menggunakan cara yang tidak menyinggung perasaan calon konsumen.

Kepribadian Meyakinkan/Assuring Personality

Kepribadian meyakinkan akan membuat calon konsumen mempercayai Anda. Dengan memiliki rasa kepercayaan tersebut, tentu akan lebih mudah untuk Anda menciptakan bahkan menutup penjualan.

Dua hal yang harus Anda miliki untuk membangun kepribadian meyakinkan:

1. Product Knowledge

Memiliki pengetahuan produk yang baik dapat membuat Anda mampu menjelaskan secara detail tentang produk yang Anda jual. Sehingga calon konsumen merasa yakin dan merasa puas.

Untuk mengetahui product knowledge dengan baik Anda harus mempelajari produk yang dijual dengan lengkap. Apa kelebihan dan manfaatnya. Anda juga harus tahu sampai dengan kekurangannya, sehingga Anda bisa tahu bagaimana cara mengatasi kekurangannya tersebut. 

Dengan mengetahui semua itu, Anda bisa membuat konsumen tidak memiliki alasan untuk tidak membeli produk Anda. 

2. Kejujuran

Kejujuran sangat penting bukan hanya saat berhadapan dengan konsumen namun saat membangun hubungan dengan konsumen tersebut. Kejujuran ini dibutuhkan menyangkut hal teknis tentang fungsi produk, benefit produk, garansinya, dan lain sebagainya.

Melatih kejujuran bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kemauan dan kesadaran dari diri Anda untuk melakukannya.

Kepribadian Berwibawa/Compelling Personality

Dengan kepribadian berwibawa ini, konsumen akan merasa senang untuk menjalin relasi dengan Anda, sehingga apapun yang Anda sarankan akan diikuti. Dengan begitu akan lebih mudah buat Anda untuk melakukan penjualan.

Untuk membentuk compelling personality, setidaknya ada tiga hal yang harus  diperhatikan, yaitu:
  • Kecepatan berpikir dan bertindak
  • Kemampuan menguasai diri
  • Kemampuan mengikuti proses

Kecepatan berpikir dan bertindak ini sangatlah penting, karena saat sales berhadapan dengan prospek, konsumen ataupun pelanggan, seringkali mereka akan mengutarakan apa yang diinginkan, apa yang dibutuhkan atau apa yang diharapkan terhadap permasalan yang mereka alami.

Di sini para sales wajib berpikir dan segera bertindak cepat menanggapi permasalahan yang disampaikan oleh prospek, konsumen atau pelanggan tersebut.

Kemampuan menguasai diri ini berhubungan dengan bagaimana mereka harus bersikap saat berhadapan dengan klien atau pelanggan.

Seringkali ada beberapa kebiasaan sales yang kurang baik yang terbawa saat mereka melakukan prospecting, saat mereka presentasi, tentu saja hal ini bisa menurunkan rasa percaya pada para sales itu sendiri.

Sedangkan kemampuan mengikuti proses ini berhubungan dengan aktivitas para sales dimulai saat melakukan prospecting atau penawaran sampai dengan konsumen atau pelanggan mengambil keputusan, yang seringkali membutuhkan waktu panjang, sehingga butuh kesabaran dari para sales untuk menutup penjualan.

Pada saat pembeli akan mengambil keputusan, seringkali mereka butuh beberapa hal untuk mendukung keputusannya, baik dari internal pembeli maupun dari eksternal, misalnya butuh saran dari orang sekitarnya.

Itulah sebabnya seorang sales yang hebat harus berusaha untuk memahami, bagaimana pembeli tersebut dalam melakukan keputusannya, siapa atau apa saja yang mereka butuhkan, dan semua itu harus dengan sabar dijalankan oleh para sales.

Kepribadian Dinamis/Dynamic Personality

Kepribadian yang dinamis adalah kepribadian yang memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi. Kata dinamis berasal dari bahasa Belanda “dynamisch” yang berarti giat bekerja, tidak mau tinggal diam, selalu bergerak, dan terus tumbuh. 

Dia akan terus berusaha secara sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya ke arah yang lebih baik dan lebih maju, misalnya:
  • Seorang sales akan berusaha agar hasil penjualannya meningkat
  • Seorang sales akan terus berusaha agar kemampuannya berjualan, mendekati konsumen, bernegosiasi, closing berkembang.

Untuk bisa membangun kepribadian yang dinamis, Anda dapat melakukan antara lain: Gunakan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat yang mendukung kemampuan Anda menjual, misalnya dibandingkan anda mengorol hal yang tidak penting. Lebih baik membaca berita berita terkini yang dapat menjadi bahan komunikasi Anda dengan calon konsumen atau mengikuti pelatihan tentang penjualan atau komunikasi.

Kepribadian Keingitahuan/Curiosity Personality

Curiosity dapat didefinisikan sebagai kepribadian yang selalu ingin tahu lebih banyak. Hal ini dapat membantu Anda dalam bertemu dengan calon konsumen.

Anda dapat mengikuti berbagai seminar dan pelatihan serta membaca buku atau tulisan untuk meningkatkan skill dan knowledge yang Anda punya.

Kepribadian yang Berorientasi pada Pencapaian/Achievement Orientation Personality

Memiliki kepribadian ini artinya Anda memiliki orientasi dan fokus pada pencapaian. Kepribadian ini penting untuk dimiliki oleh seorang sales. Karena dengan kepribadian ini artinya Anda orang yang pantang menyerah dan akan terus mencari cara agar target tersebut tercapai. Mengingat Anda sebagai sales, pasti ada target yang tiap harinya harus dicapai. 

Untuk bisa memiliki kepribadian ini Anda harus seseorang yang memiliki tujuan hidup atau cita-cita. Jadi bangun dulu tujuan hidup atau cita-cita yang ingin Anda capai agar kepribadian ini dapat Anda miliki. 

Nah, dengan memiliki kepribadian menyenangkan, meyakinkan, berwibawa, dinamis, ingin tahu, dan fokus pada penjualan, maka Anda siap bertemu dan menghadapi calon konsumen. Yuk kita semangat dan memperbaiki diri untuk menjadi sales excutive yang terbaik.

Jika Anda memiliki pendapat lain, silakan tulis pada kolom komentar. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, silakan ajukan melalui fitur Tanya Ahli.

Baca Juga aertikel lainnya:
Dapatkan Kepuasan Konsumen Melalui Hal Berikut Ini
6 Langkah Percaya Diri Berbicara di Depan Umum
Cara Agar Pelanggan Makin Menyukai Anda
7 Kiat Mengatasi Masalah Pribadi di Pekerjaan
5 Kiat Presentasi di Depan Investor Usaha

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

andika nanda charismana

28 Juli 2023

bagus tipsnya

Balas

. 0

Lucky Lombu

16 November 2020

Menarik tipsnya.

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS