Dirilis

23 Juli 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu faktor penting untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis adalah komunikasi. Tanpa adanya komunikasi yang baik, bisnis tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Komunikasi yang baik akan memudahkan pelaku bisnis dalam menjual produknya serta bisa mencegah terjadinya kesalahpahaman di antara kedua belah pihak. Komunikasi dalam bisnis bisa dilakukan secara verbal maupun non verbal. Lantas, apa saja tujuan komunikasi bisnis dalam perusahaan?
 

Pengertian Komunikasi Bisnis 

Menurut William Albig, komunikasi bisnis merupakan pertukaran informasi, gagasan, pendapat maupun instruksi yang mempunyai target tertentu yang dihidangkan secara personal atau impersonal melalui sinyal atau lambang. Sedangkan menurut Rosenvalt, komunikasi bisnis adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide, opini, instruksi dan sebagainya. 

Dimana hal tersebut disampaikan secara personal maupun non personal melalui sinyal dan lambang untuk mencapai target perusahaan. Kesimpulannya adalah di dalam komunikasi yang terjalin berisi mengenai informasi, gagasan, ide maupun pendapat. Dimana komunikasi tersebut bisa dilakukan secara personal maupun impersonal dan bertujuan untuk mencapai target perusahaan. 
 

Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis 

Di dalam aktivitas komunikasi bisnis terdapat beberapa unsur-unsur tertentu. Berikut ini akan disampaikan tentang unsur-unsur komunikasi tersebut:
 

1. Terdapat Tujuan 

Setiap komunikasi bisnis yang terjadi pasti memiliki tujuan yang sebelumnya sudah ditentukan serta sejalan dengan tujuan organisasi.
 

2. Ada Pertukaran

Setiap komunikasi bisnis pasti akan melibatkan paling tidak dua orang atau lebih (komunikator dan juga komunikan).
 

3. Berisi Informasi, Opini, Gagasan dan Instruksi 

Informasi, opini, gagasan dan instruksi merupakan isi dari pesan yang ada dalam komunikasi. Dimana hal tersebut memiliki bentuk yang beragam tergantung dari kondisi, situasi dan tujuannya.
 

4. Memanfaatkan Saluran Personal maupun Impersonal 

Setiap komunikasi bisnis bisa dilakukan dengan bertatap muka, memanfaatkan keberadaan media khusus atau media massa apabila ingin menjangkau banyak orang.
 

5. Memakai Simbol atau Sinyal

Maksud dari unsur komunikasi bisnis satu ialah komunikasi yang terjalin menggunakan metode atau alat sehingga mudah dimengerti oleh penerima pesan.
 

6. Pencapaian Target atau Tujuan Organisasi 

Tujuan dalam komunikasi bisnis sebelumnya sudah ditentukan oleh manajemen perusahaan.

 

3 Tujuan Komunikasi Bisnis 

Setelah disampaikan tentang pengertian dan unsur komunikasi bisnis, selanjutnya akan dibahas mengenai tujuan dari komunikasi bisnis, antara lain:
 

1. Memberikan Informasi (Informing)

Tujuan pertama komunikasi bisnis yang pertama yaitu memberikan komunikasi. Dimana informasi yang dimaksud yaitu berkaitan dengan informasi atau data perusahaan. Contohnya adalah suatu perusahaan A sedang membutuhkan tenaga kerja baru. Maka perusahaan tersebut akan memasang lowongan pekerjaan di berbagai media untuk mendapatkan tenaga kerja. 
 

2. Melakukan Persuasi (Persuading)

Persuasi merupakan cara terbaik yang sering dilakukan dalam komunikasi dengan tujuan untuk mempengaruhi ataupun meyakinkan orang lain. Hasil akhir dari proses persuasi ini adalah konsumen yang menjadi yakin untuk membeli produk yang dijual. Contohnya adalah perusahaan yang menawarkan sebuah produk baru kepada konsumen melalui e-mail penawaran produk. 

Isi dari e-mail tersebut adalah memberitahu kepada para pelanggan jika ada produk baru beserta kelebihan dan manfaat dari produk tersebut. Diharapkan, dengan adanya e-mail ini, konsumen bisa tertarik dan yakin untuk membeli produk yang ditawarkan. Bentuk komunikasi bisnis ini sering dilakukan oleh perusahaan e-commerce, atau marketplace. 
 

3. Melakukan Kolaborasi (Collaborating)

Kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk kerjasama dan juga interaksi antara pihak-pihak yang terlibat secara langsung dalam kegiatan perusahaan. Adanya komunikasi akan membuat kerjasama dalam bisnis bisa dilakukan lebih mudah. Contoh implementasinya adalah melalui surat penawaran kerjasama

Perusahaan A mengirimkan surat penawaran kerjasama dengan perusahaan C yang masih berada dalam lingkup usaha yang sama. Dengan surat ini, diharapkan kerjasama bisa terjadi dan menguntungkan bagi kedua belah pihak. 


Nah itulah informasi tentang 3 tujuan komunikasi bisnis dalam perusahaan. Pada dasarnya terjalinnya komunikasi dengan baik akan membuat perusahaan semakin berkembang dan mencapai kesuksesan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id apabila memiliki pertanyaan seputar komunikasi bisnis dan bagaimana implementasinya untuk usaha Anda. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS