Dirilis

19 Agustus 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Mengoptimalkan belanja bahan baku lokal bisa membantu sesama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tanah Air, dan mengembangkan lapangan kerja bagi orang Indonesia.
Belanja bahan baku lokal juga bisa ikut membantu menjaga ketahanan pangan Indonesia. Apalagi jika dikaitkan dengan krisis pangan global saat ini. 

Tindakan ‘sederhana’ ini juga sejalan dengan program Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, yaitu menaikan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) menjadi 50% pada tahun 2024. 
Ya, suka tidak suka, berbelanja bahan baku ke beberapa perusahaan asing memang terlihat menjanjikan. Tapi, jika bukan kita yang mengembangkan UMKM Tanah Air dengan membeli produk dalam negeri, siapa lagi?

Nyatanya, kita juga punya beberapa perusahaan produk lokal yang terbukti bisa bersaing dengan pemain internasional lho! Artinya, produk kita juga mampu bersaing. Dengan dukungan Anda sesama pelaku usaha, kita bisa terus meningkatkan kemampuan dan daya saing, paling tidak di negeri sendiri.

 

6 Manfaat Belanja Bahan Baku Lokal


Selain bisa mendapatkan kualitas yang tak kalah saing dengan produk impor dan mendapatkan manfaat untuk bisnis Anda, dengan membeli produk lokal, Anda juga bisa memberikan manfaat kepada banyak orang di dalam negeri. 

Berikut ini hal lain yang perlu Anda pertimbangkan.

 

1.    Kualitas Internasional

Tahukah Anda, beberapa merek global bahkan menggunakan bahan baku dari Indonesia lho! 

Iya, tidak sedikit negara luar yang menggunakan bahan baku dari Indonesia karena kualitas yang bagus serta harga yang terjangkau. Misalnya fashion item seperti tas, atau minuman seperti kopi dan teh. Untuk itu, kita sebagai masyarakat Indonesia jangan mau kalah dengan negara lain yang menggunakan produk Indonesia.

Jika jeli, kita bisa mendapatkan produk lokal berkualitas tinggi yang mampu bersaing dengan produk-produk impor lainnya, dan mendapatkannya dengan harga yang lebih murah.

 

2.    Produk Lebih Sehat

Untuk Anda yang bergerak di industri makanan, dengan berbelanja bahan baku lokal, Anda bisa mendapatkan produk buah-buahan, sayur-sayuran, daging, dan bahan lain, yang lebih sehat. Mengapa? Karena waktu distribusi yang dibutuhkan lebih singkat, hal ini dapat meminimalisir penggunaan bahan pengawet, serta Anda pun bisa mendapatkan bahan baku yang lebih fresh. Dengan demikian, Anda bisa memberikan sajian terbaik untuk pelanggan setia Anda.

 

3.    Ramah Lingkungan

Jika Anda termasuk pelaku usaha yang peduli dengan lingkungan, maka Anda perlu berbelanja bahan baku lokal. Produk lokal dinilai ramah lingkungan, karena memerlukan distribusi yang lebih singkat. Hal ini dapat membantu dalam pemangkasan jejak karbon yang dihasilkan dari bahan bakar transportasi. Tak hanya itu, saat ini juga sudah banyak produk lokal yang tidak menggunakan plastik untuk packagingnya, ada juga beberapa perusahaan yang mendaur ulang kemasannya.

 

4.    Sesuai Kebutuhan Lokal

Produk-produk lokal biasanya sudah sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia. Misalnya, jika Anda ingin menyasar mayoritas orang Indonesia yang beragama Islam, sebagian produk-produk dalam negeri sudah memiliki sertifikasi halal. Atau jika Anda berbisnis kecantikan, sebagian kosmetik produksi dalam negeri sudah disesuaikan dengan iklim Indonesia. Selain itu, jika Anda desainer, Anda bisa menggunakan motif-motif khas Indonesia untuk menunjukan ciri khas budaya Indonesia. Produksi yang disesuaikan dengan karakter Indonesia ini tentunya akan lebih terasa eksklusif bukan?

 

5.    Angkat Perekonomian Indonesia

Dengan berbelanja bahan baku lokal, Anda akan berperan dalam mendukung perekonomian Indonesia lho! Sektor kuliner, fashion, dan kriya, merupakan tiga sektor ekonomi kreatif tertinggi penyumbang PDB negara.

Selain itu, membeli bahan baku lokal juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pelaku usaha daerah. Perekonomian para petani, peternak, maupun produsen akan ikut terbantu dengan pembelian produk lokal tersebut.

 

6.    Turut Menciptakan Lapangan Kerja

Anda juga turut dalam menciptakan lapangan pekerjaan di Indonesia. Salah satu kendala dalam memproduksi bahan baku lokal adalah jumlah tenaga kerja yang kurang padahal permintaan terhadap barang cukup tinggi. Dengan bertambahnya minat terhadap bahan baku lokal, Anda bisa menciptakan lapangan kerja bagi para pelaku usaha lokal yang baru. 

 

7.    Ikut Bantu Produk Lokal Bersaing di Pasaran

Dengan membeli bahan baku lokal, Anda juga dapat membantu produk lokal tersebut bersaing di pasaran. Bukan hanya bersaing di pasar dalam negeri, tapi juga pasar luar negeri. Saat ini, sudah banyak lho bahan baku Indonesia yang bisa menembus pasar luar negeri. Tak sedikit juga masyarakat luar yang menyukai bahan baku dari Indonesia. Hal ini tentunya akan berdampak baik kepada para pelaku usaha lokal, dan juga perekonomian negara.

Itu tadi tujuh manfaat berbelanja bahan baku lokal. Selain mendapatkan manfaat untuk diri Anda sendiri, pembelian bahan baku lokal juga bisa memberikan manfaat kepada seluruh pihak yang terlibat didalamnya, baik itu para pelaku usaha, maupun negara.

Saat ini, bahan baku lokal pun mudah dicari. Anda bisa membelinya langsung ke pasar, ke para produsen, maupun melalui e-commerce. Anda juga bisa menggunakan fitur Akses Pasar di daya.id lho! Anda bisa mencari apapun yang Anda butuhkan, mulai dari kuliner, fashion, kerajinan, hingga berbagai macam produk dan jasa. Tunggu apa lagi? Yuk, belanja bahan baku lokal Indonesia!

Untuk Anda yang masih bingung dalam memulai usaha Anda, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS