Dirilis

10 Mei 2021

Penulis

Ari Handojo

Dengan terjadinya pandemi global COVID-19, hampir seluruh pengusaha di berbagai macam lini industri menghadapi ketidakpastian dan kondisi yang sangat sulit. Tentunya pandemi ini di luar dari bayangan sebelumnya. Tidak pernah terpikirkan akan mengalami pandemi yang berefek sebesar ini.

Banyak sekali pengusaha yang struggle dalam menghadapi situasi bisnis di masa pandemi. Tidak mudah untuk beradaptasi di masa sulit, apalagi harus menyesuaikan kegiatan usahanya dengan cara instan.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah strategi apa yang harus Anda lakukan terkait bisnis di masa pandemi, untuk dapat bertahan dan beradaptasi dengan kondisi yang serba tidak pasti seperti saat ini? Yuk kita simak kiat jitu yang dapat Anda lakukan.




 

Selalu update informasi terbaru

Dalam situasi yang serba tidak pasti, biasanya akan banyak informasi yang beredar di media sosial. Tidak semua informasi yang beredar tersebut benar. Pastikan Anda harus menyaring, memikirkan dan mencheck kembali kebenarannya agar tidak membuat berita hoax atau kepanikan.

Dengan informasi yang benar dan tepat, Anda memiliki dasar yang cukup kuat untuk menyiasati ketidakpastian dan dapat lebih mudah untuk menentukan keputusan atas tindakan apa yang harus diambil dalam menjalankan bisnis di masa pandemi.


 

Membuat plan dalam kondisi baik ataupun buruk

Di dalam kondisi yang sesulit apapun, Anda sebagai pengusaha harus selalu tetap optimis. Namun juga siap untuk menghadapi dan menerima kondisi yang terburuk.

Dengan memiliki pola pikir seperti itu, Anda akan dapat melakukan analisis situasi untuk membuat serangkaian rencana serta evaluasi atas seluruh skenario dan strategi usaha Anda. Termasuk kondisi kemungkinan terburuk yang mungkin akan terjadi terhadap usaha yang sedang Anda jalankan.


 

Berpikir kreatif dan inovatif

Salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah kemampuan untuk berpikir kreatif dan inovatif.

Dengan kreatifitas dan inovasi, Anda dapat menemukan banyak ide yang dapat memecahkan masalah bisnis di masa pandemi, bahkan mungkin menemukan peluang yang dapat membuat usaha Anda bertahan di dalam situasi yang sulit sekalipun.

Banyak hal yang dapat Anda pikirkan. Misalnya, produk atau jasa yang dapat Anda jual sesuai dengan kondisi saat ini, merencanakan strategi penjualan dan pemasaran yang tepat, perencanaan arus kas, dan lain sebagainya, untuk memastikan usaha Anda survive melewati masa pandemi ini.

Baca juga: Cara Promosi Online Saat Pandemi COVID-19


 

Berkomunikasi dengan baik

Pastikan selalu jaga komunikasi dengan baik di kondisi saat ini. Sebaiknya semua hal yang ingin Anda lakukan, dikomunikasikan terlebih dahulu ke seluruh karyawan Anda.

Situasi usaha yang pasang surut mengharuskan Anda untuk semakin erat berkomunikasi dengan seluruh karyawan. Namun patut Anda lakukan yaitu menggunakan bahasa yang jelas dan sederhana agar seluruh pihak yang terlibat dapat mengerti situasi dan kondisi yang Anda maksud. Dengan begitu seluruh karyawan akan dapat mengerti, menyesuaikan diri dan memberikan dukungan secara penuh untuk menghadapi situasi bisnis di masa pandemi.

Baca juga: Cara Menciptakan Komunikasi Efektif di Masa Pandemi COVID-19




 

Manfaatkan Teknologi

Anda dapat memaksimalkan teknologi menjadi yang berguna sebagai alat bantu untuk mengembangkan usaha. Selain dapat digunakan sebagai salah satu saluran untuk meningkatkan angka penjualan dan aktifitas pemasaran, penggunaan teknologi yang tepat juga dapat membangun hubungan dengan pelanggan, meningkatkan efisiensi dan membantu dalam pengambilan keputusan menghadapi bisnis di masa pandemi.

 

Pengukuran yang tepat

Apapun strategi bisnis di masa pandemi yang akan kita jalankan tidak akan dapat berkembang dengan cepat apabila tidak dilakukan pengukuran.

Berapa besar penjualan yang Anda peroleh jika dibandingkan dengan rencana penjualan yang telah Anda buat sebelumnya? Hal-hal apa saja yang membuat target penjualan Anda tidak tercapai? Atau apa yang menyebabkan angka penjualan Anda melebihi dari yang telah ditargetkan?

Anda dapat mengukur dengan  membuat perencanaan dengan mengukur seberapa besar pengeluaran usaha Anda dibandingkan dengan rencana anggaran? Apa yang membuat pengeluaran usaha Anda lebih besar dari yang telah dianggarkan? Apa yang harus Anda lakukan agar kinerja perusahaan Anda lebih baik lagi di periode selanjutnya?

Baca juga: Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi

Dengan beberapa pertanyaan di atas, semoga dapat membantu Anda dalam mengukur usaha Anda di situasi pandemi seperti saat ini.

Dunia usaha akan terus mengalami perubahan atau evolusi dari waktu ke waktu. Sehingga Anda harus selalu siap untuk terus melakukan penyesuaian dan beradaptasi dalam menghadapi segala ketidakpastian yang akan terjadi di usaha Anda ke depannya.

Pandemi yang belum selesai juga, membuat Anda harus terus fokus dan berusaha untuk bangkit demi berlangsungnya usaha Anda.

Semoga kiat-kiat di atas dapat menjadi jawaban Anda dalam kegelisahan di situasi bisnis di masa pandemi. Tetap semangat!

Jika masih ada yang ingin Anda tanyakan, Anda dapat menggunakan fitur Tanya Ahli atau Anda dapat membaca artikel terkait di lama daya.id.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS