Dirilis

09 Agustus 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Zaman sekarang, berbelanja tidak harus pergi ke toko, pasar swalayan, atau pasar tradisional. Hanya dengan klik dari smartphone, belanjaan langsung dikirim ke rumah. Jika di tempat yang satu tidak tersedia stok, tinggal cari produk serupa di ribuan toko lain.

Yup, semudah itulah berbelanja di toko online. Apalagi sudah banyak marketplace yang juga menjanjikan promo dan media bertransaksi aman. Benarkah cukup aman?

Meskipun secara transaksi pembayaran marketplace memiliki sistem yang cukup aman, namun terkait produk, nyatanya masih banyak pembeli yang mengaku pernah mengalami pengalaman buruk saat belanja online. Misalnya, produk tidak sesuai dengan foto, kualitas produk kurang baik, pesan size M tapi yang dikirimkan oleh penjual malah size XL, dan sebagainya.

Nah, agar hal-hal demikian tidak terjadi, bagaimana cara Anda merasa aman dan yakin bahwa produk yang dibeli di toko online berkualitas baik dan sesuai ekspektasi?

Simak 6 tips berikut agar tidak tertipu saat belanja di toko online:

1. Pilih produk dari toko yang reputasinya baik
Toko yang baik reputasinya bisa dilihat dari penilaian toko atau predikat khusus seperti “star seller” atau “toko resmi”. Penilaian tersebut biasanya berdasarkan dari kualitas produk yang dijual, kecepatan pengiriman, dan kecepatan penjual menjawab pertanyaan dan merespon komplain. Makanya, berbelanja dari toko bereputasi baik sangat disarankan agar resiko membeli produk dengan kualitas yang kurang baik menjadi lebih kecil.

2. Cek spesifikasi produk
Jangan tertipu foto produk! Cek keterangan produk dengan teliti, terutama bagian spesifikasinya. Hal ini dapat membantu Anda membayangkan kondisi produk, agar tidak merasa kecewa ketika barang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

3. Cek ulasan produk
Penilaian mengenai produk juga bisa Anda dapatkan dari ulasan pembeli-pembeli sebelumnya. Jika beruntung, beberapa pembeli mungkin saja menyertakan foto asli produk pada ulasan mereka, sehingga Anda bisa menilai produk dari foto aslinya. Namun, pada beberapa kondisi, tidak menutup kemungkinan adanya penjual yang membuat testimoni palsu agar pembeli tertarik. Cermati tiap ulasan yang ada, misalnya membandingkan ulasan negative atau positif yang paling banyak.

4. Jangan buru-buru tergoda produk murah
Percayalah, harga mencerminkan kualitas produk. Jika ada program diskon besar-besaran, cek terlebih dulu spesifikasi dan keterangan lainnya. Kondisi produk atau tanggal kadaluwarsa jika produk yang Anda beli adalah makanan. Jangan sampai kalap belanja karena murah, namun ternyata produk yang diterima kualitasnya kurang baik.

5. Cek harga produk yang sama dari toko atau marketplace lain
Sudah mendapat produk yang Anda cari? Sebelum klik fitur beli, coba bandingkan produk yang serupa di toko lain. Hal ini memungkinkan Anda mendapat variasi produk yang lebih banyak, seperti warna, ukuran, motif, dan sebagainya dan yang paling penting membantu Anda mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah. Jika kualitas dan spesifikasinya sama, buat apa bayar lebih mahal kaaan?

6. Jangan ragu bertanya
Masih ada yang mau ditanyakan perihal produk? Jangan ragu manfaatkan fitur chat atau diskusi dengan penjual untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk yang akan Anda beli. Malu bertanya, “sesat” di toko online, lho…

Berbelanja di toko online memang lebih mudah, namun Anda juga harus lebih cermat dalam memilih produk yang akan dibeli. Pasalnya media yang bisa digunakan hanya berupa foto, maka penting untuk melakukan 6 hal di atas agar produk yang diterima berkualitas baik sesuai yang Anda bayangkan.

Masih ada hal yang membuat Anda ragu terhadap produk di toko yang satu?
Jangan khawatir, ribuan toko bisa Anda temukan untuk mendapatkan produk yang sama

Selamat berbelanja.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS