Dirilis

01 Maret 2022

Penulis

Yulinda Sari

Spare part atau suku cadang alat berat bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan, karena persaingannya yang masih jarang, dan tingkat permintaan akan spare part alat berat bekas cukup tinggi karena ada saja alat berat yang mengalami kerusakan akibat penggunaannya.

Lalu bagaimana tips berbisnis spare part alat berat?

Baca Juga : Apa yang harus anda lakukan sebelum berjualan

 

Tips Berbisnis Spare Part

Seperti yang Anda tahu, spare part adalah suatu barang yang terdiri dari beberapa komponen, membentuk satu kesatuan dan mempunyai fungsi tertentu. Sementara itu, alat berat terdiri dari banyak komponen, dan spare part adalah komponen yang sering mengalami kerusakan dan penggantian. 

Nah, untuk memulai bisnis spare part alat berat, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

 

1.    Persiapkan rencana yang jelas dan matang untuk bisnis Anda


Artinya jika Anda ingin memulai bisnis di bidang spare part alat berat, Anda harus memiliki tujuan yang jelas untuk bisnis Anda ke depannya. Hal ini bisa dipersiapkan dengan penyusunan rencana yang jelas dan matang sehingga Anda mengetahui akan dibawa ke mana bisnis spare part alat berat ini.

 

2.    Persiapkan modal dengan baik

Mengingat spare part alat berat ini harganya cukup mahal, maka Anda harus menyiapkan modal dengan baik. Karena dengan modal yang baik akan mempengaruhi seluruh kegiatan bisnis Anda seperti penyediaan spare part yang berkualitas, pengadaan karyawan di showroom, pembukaan dan pengelolaan toko dan sebagainya.

 

3.    Pilih jenis spare part yang spesifik untuk dijual

Bagi Anda yang baru mau memulai bisnis di spare part alat berat, alangkah baiknya memilih spesifikasi spare part yang akan dijual, mengingat banyaknya jenis spare part di pasaran. Hal ini ditujukan agar bisnis Anda lebih mudah diingat dan dikenal konsumen. Setidaknya Anda memilih spesifikasi spare part ini berdasarkan kebutuhan yang paling banyak dicari atau paling diminati di pasaran.

 

4.    Pilih produk yang berkualitas


Pilihlah produk spare part yang berkualitas karena akan berpengaruh terhadap kepercayaan dan daya beli konsumen. Semakin bagus kualitas yang Anda tawarkan, akan semakin banyak konsumen yang dating untuk membeli spare part alat berat ini. Dan bisa membuat konsumen jadi pelanggan tetap.

 

5.    Pilih tempat jual yang strategis

Pilihlah tempat yang strategis untuk berbisnis spare part ini. Karena akan membuat toko Anda lebih cepat dikenal dan dijangkau oleh konsumen. Tempat-tempat yang bisa dipertimbangkan seperti jalan raya dekat daerah penduduk, berdampingan dengan bengkel dan dekat dengan pusat keramaian seperti pasar.

 

6.    Perluas kerja sama dengan berkolaborasi

Salah satu yang menjadi faktor keberlangsungan bisnis adalah terjalinnya kerjasama dan kolaborasi dengan pihak lain. Dalam  bisnis spare part alat berat ini, Anda perlu menjalin kerjasama dengan beberapa kontraktor alat berat. Seperti yang Anda ketahui bahwa para kontraktor sering menggunakan spare part alat berat untuk kebutuhan mereka. Oleh karena itu, Anda dapat memperluas target pasar penjualan bisnis spare part alat berat Anda.  

 

7.    Memasarkan produk secara online dan offline

Selain menjalin kerjasama dengan beberapa kontraktor, Anda juga harus memaksimalkan promosi produk Anda. Hal ini bisa dilakukan secara offline, yaitu dengan menitipkan produk spare part Anda pada distributor atau menyebarkan brosur, proposal dan membuat plakat. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk spare part alat berat ini. Anda bisa membuat iklan yang menarik di semua media sosial seperti FB, IG, Twitter, WhatsApp, dan sebagainya, serta melalui website Anda sendiri. Dengan begitu, Anda berpeluang memperluas pasar Anda bahkan sampai ke luar daerah atau luar negeri.

Itulah beberapa tips untuk berbisnis spare part alat berat yang bisa Anda ikuti. Yang jelas Anda harus punya perencanaan yang matang, agar modal yang Anda keluarkan bisa maksimal. Jangan lupa untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, seperti kontraktor.

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli. 

Sumber:

Indotrading.com dan Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS