Dirilis

17 Maret 2023

Penulis

Ahmad Husnil Fikri

Tahukah Anda, bahwa Customer Care adalah garda terdepan bagi sebuah perusahaan lantaran akan selalu berhubungan dengan yang namanya konsumen. Oleh karena itulah, dalam hal ini biasanya perusahaan akan menempatkan karyawan terbaik dan handal untuk menempati posisi Customer Care satu ini. Terlepas dari hal tersebut, Anda perlu tahu bahwa menjadi seorang Customer Care yang baik dan handal umumnya membutuhkan beberapa skill yang memadai. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang Customer Care yang baik dan handal di perusahaan, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips dan trik di artikel berikut.

 

Sekilas tentang Customer Care

Pada dasarnya, Customer Care dikatakan sebagai segala aktivitas yang mana memiliki tujuan utama yakni untuk memberikan kepuasan dan juga pelayanan terbaik kepada konsumen/ pelanggan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Dalam hal ini, Customer Care nantinya akan menjadi jembatan penghubung antara pemilik bisnis dengan konsumen. Terlebih lagi, saat ini hampir semua perusahaan yang mengiklankan bisnisnya melalui media internet pasti akan menggunakan bantuan dari pihak Customer Care.

Baca Juga: Strategi Meningkatkan Customer Experience Saat New Normal agar Pelanggan Loyal

Tentu saja, hal ini bertujuan demi memudahkan bagi para pengunjung yang datang ke website perusahaan untuk mendapatkan informasi mengenai produk / jasa layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Hal ini, bisa Anda lihat bahwa sekarang ini sudah banyak sekali perusahaan yang menampilkan fitur chat pada bagian pojok bawah pada website yang dimilikinya. Karena alasan itulah, maka tidak heran jika posisi Customer Care yang baik dan handal sangat dibutuhkan bagi perusahaan demi menunjang kelancaran bisnis yang dijalankannya.

 

Bagaimana cara menjadi Customer Care yang baik dan handal?

Apabila Anda sendiri ada rencana untuk mendaftarkan diri melamar pekerjaan sebagai Customer Care di sebuah perusahaan, maka sebaiknya perlu tahu beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menjadi Customer Care yang baik dan handal. Adapun beberapa tips dan trik yang perlu Anda lakukan untuk bisa menjadi seorang Customer Care yang baik dan handal di antaranya yakni sebagai berikut :

 

1.    Dapat memahami seluk beluk produk 

Tips pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjadi seorang Customer Care adalah mampu memahami seluk beluk produk yang ditawarkan kepada calon pelanggan. Hal ini bertujuan agar supaya Anda ketika dihadapkan dengan berbagai pertanyaan dan juga keluhan, maka nantinya bisa membantu menemukan solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan tersebut. Dalam memahami seluk beluk produk ini, Anda bisa mencari informasi seputar fitur, keunggulan dan kekurangan serta berbagai aspek lain dalam produk yang ditawarkan tersebut.

 

2.    Berusaha menjadi pribadi yang sopan dan ramah

Ketika Anda sudah bertekad untuk menjadi seorang Customer Care yang baik dan handal, maka usahakan untuk menjadi pribadi yang sopan dan ramah kepada pelanggan nantinya. Adapun hal pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan memberikan salam hangat dan kemudian tanyakan mengenai apa yang dibutuhkan oleh pelanggan tersebut. Ketika nantinya berkomunikasi lewat telepon, disini Anda usahakan menggunakan nada yang ramah agar pelanggan merasa nyaman.

 

3.    Dapat membangun sikap positif

Perlu Anda ketahui, bahwa sikap positif sangat penting dimiliki bagi seorang Customer Care lantaran kesan yang diberikan nantinya akan sangat mempengaruhi sudut pandang pelanggan terhadap perusahaan maupun produk yang dihasilkannya. Di samping itu, adanya sikap positif ini juga dinilai dapat meminimalisir terjadinya kemungkinan salah paham ketika berkomunikasi lewat telepon maupun chat. Dan bahkan dengan sikap positif ini, Anda sendiri nantinya bisa meredakan emosi konsumen ketika sedang mengajukan komplain. 

 

4.    Mampu merespons dengan cepat

Mampu merespons pelanggan dengan cepat umumnya menjadi skill atau kemampuan utama bagi seorang Customer Care. Hal ini dikarenakan, konsumen biasanya akan menghubungi pihak Customer Care untuk memperoleh solusi dalam waktu yang sesingkat mungkin. Apabila Anda belum dapat menemukan solusi atas permasalahan pelanggan, maka Anda nantinya bisa meminta pelanggan untuk menunggu. Dan hal ini dinilah jauh lebih baik dibandingkan dengan Anda tidak merespons pelanggan sama sekali.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda perhatikan untuk menjadi seorang Customer Care yang baik dan handal. Dengan demikian, maka perusahaan bisa menjadikan Customer Care adalah sebagai faktor penting dalam menunjang kelancaran bisnis yang dijalankan. 

Punya pertanyaan lebih lanjut? Segera log in ke daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS